**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 20 September 2014

Kwarcab Tegal Berbagi Dengan Anak Yatim

SLAWI - Momentum peringatan Hari Pramuka ke - 53 tahun 2014, dimanfaatkan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal untuk berbagi dengan sesama. Salah satunya yakni diwujudkan dengan memberikan santunan kepada 30 Siswa dari keluarga kurang mampu di wilayah Kota Slawi dan sekitarnya. Penyerahan santunan dilakukan oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono usai Upacara Hari Pramuka ke - 53 tingkat Kwarcab Tegal, Kamis (18/9) belum lama ini di pelataran Pemkab Tegal.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR mengatakan pemberian santunan dimaksudkan untuk melatih anggota pramuka yakni dalam bekerja harus mempunyai nilai - nilai cinta dan kasih sayang terhadap sesama.

"Santunan ini sebagai wujud kepedulian Pramuka, kepada anak - anak yang kurang mampu," ujarnya disela kegiatan

Dikatakan pria yang juga menjabat Direktur RSUD itu, Pramuka selalu berupaya untuk berbagi kepada sesama khususnya kepada mereka yang benar - benar membutuhkan baik berupa santunan maupun lainnya, sebagai wujud kepedulian dalam Pramuka Peduli. "Seperti isi Dasadarma Pramuka, dimana Pramuka wajib mencintai dan menyayangi sesama," ungkapnya

Hal itu, lanjutnya, telah diajarkan dalam setiap event kegiatan Pramuka mulai dari usia Siaga hingga Penegak Pandega untuk selalu peduli dan berbagi dengan sesama melalui kegiatan bumbung kemanusiaan hingga melakukan aksi nyata.

 "Contohnya berupa pengabdian masyarakat, bantuan pertolongan yang bersifat situasional dan kondisional," tukasnya

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Tegal, R Sopan Effendi S.Pd menjelaskan, jumlah penerima santunan dari Kwarcab Pramuka Tegal yakni sebanyak 30 siswa kurang mampu dari pangkalan Gudep SD/MI, SMP/MTs di Kabupaten Tegal yang terdiri dari 21 dari SD/MI dan 9 anak dari SMP/MTs. "Adapun rincian siswa yang menerima yakni dari Kecamatan Dukuhwaru 5 anak, Kecamatan Warureja 4 anak, Kecamatan Slawi 18 anak dan Kecamatan Lebaksiu 3 anak," terang Sopan. (s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar