**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 30 Desember 2013

Puluhan Pembina Gudep Ikuti KML



PANGKAH – Puluhan Pembina Pramuka dari Gugusdepan (Gudep) Pangkalan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK se Kabupaten Tegal mengikuti kegiatan Kursus Pembina Mahir tingkat Lanjutan (KML) yang digelar Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) “Dewaruci” Kwarcab Tegal di SMP Negeri 3 Pangkah.

Kursus digelar sebagai upaya memenuhi kebutuhan Pembina Pramuka di Pangkalan Gugusdepan (Gudep) di Kabupaten Tegal yang profesional.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarcab Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo MM mewakili Ketua Kwarcab Tegal, Minggu (29/12) di SMP Negeri 3 Pangkah. Hadir dalam kesempatan tersebut, anggota Mabicab, dr H Bimo Bayuadji, Waka Binamuda, Sonhaji S.Pd, Kepala Pusdiklat Cabang, H Nachrawi dan Kepala SMP 3 Pangkah, Setia Aji S.Pd.

Menurut  Wakil Ketua Kwarcab, Drs Agus Subagyo MM, Kursus Mahir Pembina Pramuka tingkat Lanjutan (KML) dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan Pembina Pramuka baik secara kualitas, kuantitas, maupun operasional Gerakan Pramuka

“Secara kualitas, KML untuk meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sedangkan secara kuantitas untuk memenuhi jumlah Pembina agar seimbang dengan peserta didik Siaga, Penggalan maupun Penegak Pandega,” katanya

Selain itu, lanjut Agus yang juga Kepala BLH , secara operasional kegiatan KML merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan riil di lapangan dalam bidang Tehnik Kepramukaan (Tekpram).

“Selanjutnya, untuk melaksanakan Manajemen Gerakan Pramuka sesuai amanat UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” cetusnya.

Kepala Pusdiklatcab Dewaruci Kwarcab Tegal, H Nahrawi mengatakan KML merupakan pendidikan tertinggi bagi Pembina Pramuka di pangkalan Gugusdepan (Gudep) menuju pembina yang profesional.

“Dimana pasca Kursus, untuk mengembangkan ketrampilan yang diperoleh dalam KML perlu didukung dengan kegiatan berkelanjutan melalui Karang Pamitran Pembina secara kontinyu,” ujarnya.

Terkait materi, Nahrawi menjelaskan, Kursus disajikan dalam bentuk ceramah, diskusi, perkemahan dan praktek secarang langsung dengen menekankan pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK-MK), pendalaman SKU / SKK dan pencapaian Pramuka Garuda (SPG).

“Narasumber merupakan pelatih berkualifasi KPD dan KPL Nasional. Beberapa materi yang disajikan juga dari hasil Karang Pamitran tingkat Nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Pimpinan Kursus, Farid Zakaria S.Pd menjelaskan peserta KML berjumlah 21 Pembina yang merupakan pembina pramuka yang memiliki ijazah mahir dasar (KMD).

“Kegiatan dimulai sejak Minggu (29/12/2013 dan akan berakhir, Jum’at (3/1/2014) mendatang,” jelasnya.(Admin/HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar