**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 23 Desember 2013

Pramuka SBH Peduli Demam Berdarah



WARUREJA – Ratusan anggota Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Kwarran Warureja membagikan Abate kepada sejumlah masyarakat di Desa Sukareja, Kecamatan Warureja, Minggu (22/12) kemarin. Hal itu dilakukan untuk menekan jumlah korban penderita demam berdarah (DB) seiring dengan datangnya musim hujan.

Ketua Pamong Saka Bakti Husada Warureja, Sapto Santoso SKM mengatakan pembagian abate dilakukannya dengan mendatangi rumah – rumah warga. Selain membagikan abate, mereka juga memberikan penyuluhan tentang bahaya jentik nyamuk demam berdarah.

“Abate ini kami bagikan gratis untuk warga. Pembagiannya disesuaikan dengan kebutuhan warga. Jika memiliki dua kolam, kami beri dua bungkus,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan melibatkan sebanyak 117 anggota Pramuka SBH yang berasal dari SMA Negeri Warureja dan SMK Negeri Warureja. Dari jumlah itu, mereka dibagi menjadi lima tim yang dipandu oleh pembina masing-masing.

“Kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Pramuka, khususnya Saka Bakti Husada,” ujarnya.

Sapto yang juga pegawai Puskesmas Warureja ini menghimbau kepada warga agar rajin untuk membersihkan lingkungan. Selain itu, ia juga minta warga secara rutin menguras kolam tiap satu Minggu sekali. Hal itu untuk menghindari munculnya jentik nyamuk demam berdarah.

“Selama tahun 2013, kami mencatat ada 4 kasus DB di Kecamatan Warureja. Namun untungnya, pasien tidak sampai meninggal dunia,” tukasnya.

Pembina SBH Warureja, Riyanto menambahkan, sebelum mengikuti kegiatan, anggota Pramuka mengikuti kegiatan Pelantikan sebagai anggota Saka Bakti Husada (SBH) pada Minggu (14/12) pekan lalu. pelantikan anggota dikemas dalam Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang digelar di Desa Gonseng Kecamatan Randudongkal, Pemalang.

“Kegiatan ini juga sebagai pengamalan Trisatya khususnya butir 2 yakni ikut membangun masyarakat,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar