**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 22 Desember 2013

Pramuka Bersih - Bersih Kantor Pemerintah



SLAWI – Puluhan anggota Pramuka Penegak Kwarcab Tegal melakukan bakti sosial berupa aksi bersih - bersih kantor dilingkungan Sekretariat Pemkab Tegal, Jum’at (20/12) lalu.

Sebanyak  3 kantor dinas dan badan menjadi sasaran Korps pelajar berbaju coklat atau Kojarsena tersebut. Tiga kantor tersebut yakni Bappeda, Dinas PPKAD dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR mengatakan kegiatan bakti sosial melalui aksi bersih kantor milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) merupakan bagian dari kegiatan Pramuka Peduli sebagai wujud penanaman nilai Kepramukaan termasuk didalamnya nilai-nilai sosial.

“Aksi ini merupakan wujud pengamalan isi Dasadharma Pramuka," katanya.

Melalui aksi tersebut, lanjut dr Joko, menunjukan bahwa kegiatan Pramuka tidak hanya berkemah atau bertepuk tangan saja, namun Pramuka juga memberikan kontribusi melalui aksi yang nyata berupa kegiatan Pramuka Peduli.

“Ini juga sebagai upaya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan di sekitar lingkungan kita termasuk kantor maupun tempat kerja kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Pb Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab Tegal, Nurhasan didampingi Pengurus DKC Tegal menjelaskan, aksi bersih kantor melibatkan sedikitnya 40 Pramuka Penegak yang berasal dari Pangkalan SMA dan SMK di wilayah Kota Slawi. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang disebar ke masing-masing kantor yang menjadi sasaran masing - masing terdiri dari 10 Pramuka tiap kantor.

"Adik-adik kami bagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya kita tempatkan di Bapeda, DPPKAD dan BKD,” jelasnya disela kegiatan.

Dikatakannya, beberapa kegiatan yang dilakukan Pramuka dalam aksi tersebut yakni antara lain mengepel lantai, menyapu, dan membersihkan kamar mandi (MCK).

“Selain itu juga membantu menata beberapa arsip-arsip kantor," katanya.

Dirinya berharap, apa yang dilakukan Pramuka dapat memberikan manfaat bagi diri Penegak maupun masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan kerja.

“Setidaknya, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi adik – adik pramuka sendiri yakni mereka dilatih untuk berlaku bersih dan selalu menjaga kesehatan. Dan orang lain / masyarakat juga dapat merasakan manfaatnya,” cetusnya.

Aksi tersebut mendapatkan sambutan positif dari sejumlah pegawai dan staf dikantor setempat. Bahkan beberapa staf juga turut dalam aksi bersih tersebut. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar