**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 07 Juli 2013

Tim Kwarda Jateng Nilai Kinerja Kwarcab Tegal



SLAWI - Tim Kwartir Daerah Jawa Tengah yang dipimpin oleh Mardi Saputro SH menyambangi Kwarcab Tegal. Kedatangan tim dalam rangka melakukan Kinerja Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tegal kurun waktu tahun 2012 diterima langsung oleh oleh Ketua Kwarcab Tegal, dr H. Widodo Joko Mulyono MKes MMR dan sejumlah Pimpinan Kwarcab di Sanggar l, Jl KH Agus Salim Nomor 2 Kudaile, Slawi, Minggu (7/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota Mabicab, Pengurus Kwarcab, Pinsaka tingkat Cabang, Pengurus Kwarran, dan Dewan Kerja Cabang (DKC). Sedangkan Tim penilai Kwarda Jateng terdiri dari 6 (Enam)  orang terdiri dari Mardhi Saputra, SH (Ketua Tim/bidang organisasi dan hukum, Budi Winarno (Bidang keuangan, Usaha dan sarpras), Sri Sutarti (Binamuda), Hari Widarto (Binawasa), Andang Hapsoro (Abdimas dan Humas), dan Fatah Abdillah (DKD).

Dalam sambutannya Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR mengatakan, kwarcab Tegal menurut catatan yang ada tidak pernah absen dalam pengiriman kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional, walaupun dalam keadaan sulit dan mendesak

Dalam kesempatan itu pula, dr Joko sekaligus menyampaikan terimakasih kepada tim Kwartir Daerah yang telah menempatkan Kwarcab Tegal pada peringkat 1 se Jawa Tengah bidang Humas dan Abdimas tahun 2012 lalu dengan nilai 5959.

“Kami juga bangga ternyata secara akumulasi dari 6 bidang yang dinilai, Kwarcab Tegal berada pada peringkat 2 Se Jawa Tengah dibawah Banyumas. Ini yang memicu kami, dan mudah-mudahan dapat meningkat atau paling tidak mempertahankan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan bakti atau kepedulian, kata Joko, meskipun tidak semua terdokumentasi dan terformalkan dalam SK kerjasama, namun banyak kegiatan bakti yang dilaksanakan sesuai kemampuan. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA), Kodim, BPBD dan Kwartir Ranting dalam merespon musibah / bencana yang timbul.

"Bahkan kadang kita sampai hampir tidak terjangkau, karena kegiatan seremonial maupun bakti masyarakat, seperti penghijauan, bakti TNI dan lainnya yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun lembaga lain selalu minta untuk dapat melibatkan Pramuka," tegasnya.

Dikatakan dr Joko yang dalam kesehariannya menjabat Direktur RSUD Slawi ini, dalam hal penanganan musibah dan bencana, meskipun tidak semua terdokumentasi dan terpublikasikan, yang terpenting adalah kita sudah berbuat.

"Saya sepakat dengan ungkapan yang pernah disampaikan Ka Budi (Ka Kwarda.red). walaupun tidak terdokumentasi/terpublikasikan, tetapi kita sudah berbuat. Insya Alloh, Alloh akan mencatat sebagai amal ibadah," tandasnya.

Sementara Ketua Tim Penilai, Toro Mardi Saputro, SH menjelaskan lomba kwarcab dimaksudkan dalam rangka memotret secara langsung kinerja Kwartir Cabang selama tahun 2012. Sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja Kwarcab agar lebih mantap dalam pengelolaan organisasi dan manajemen.

"Pada tahun 2012 lalu, Kwarcab Tegal masuk peringkat 2 Jawa Tengah. Oleh karenanya, khusus penilaian di Kwarcab Tegal, tim harus cermat dan teliti, termasuk bukti maupun data dukung yang perlu kita bawa,” katanya.

Melalui penilaian ini, diharapkan Kwarcab juga dapat meningkatkan kinerja secara administrasi dan pengelolaan kegiatan sehingga bisa tertata dengan baik.

"Ini juga sebagai penyemangat bagi Kwartir Cabang dalam mendidik generasi muda sebagai kader bangsa," pungkasnya. (Admin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar