**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 02 Juli 2013

Pramuka Untuk Ndandani Generasi Muda



BALAPULANG – Generasi muda saat ini ditengarai banyak menghadapi berbagai masalah. Masalah dan tantangan tersebut antara lain, maraknya tindakan kriminal yang melibatkan generasi muda, penggunaan narkoba dan zat adiktif, semakin meningkatnya pergaulan bebas dan sebagainya. Hal tersebut tentunya sangat memprihatinkan kita semua.

“Untuk itu sesuai amanat UU Pramuka, Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk ndadani Generasi Muda agar lebih baik,” tegas Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo MM saat pembinaan dihadapan Pengurus Kwarran Balapulang, Senin (1/7) di Pendopo Kecamatan setempat.

Dikatakannya, Gerakan Pramuka, sebagai lembaga pendidikan non formal yakni tujuan utamanya membentuk karakter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan keterampilan generasi muda.

“Setidaknya ada 3 hal yang dibangun dalam Pendidikan Pramuka yakni meningkatkan karakter atau akhlakul karimah, meningkatkan wawasan kebangsaan dan life skill atau ketrampilan hidup,” paparnya

Terkait Penilaian Kwarran, Agus yang juga Kepala BLH mengungkapkan, yakni sebagai pelaksanaan program kerja Kwartir Daerah maupun Kwartir Cabang yang juga implementasi dari terbitnya UU Pramuka.

“Untuk pembinaan ini dengan kemasan lomba kwartir, kalau dirunut juga merupakan implementasi dari UU Pramuka. Karena nantinya akan ada akreditasi pada jajaran Kwartir maupun Gugusdepan,” ujarnya.

Camat Balapulang, Drs Purnomo Pambudi selaku Ketua Mabiran mengatakan kegiatan pembinaan oleh Kwartir Cabang bagi jajaran Kwartir Ranting merupakan sarana evaluasi untuk melakukan perbaikan atas kekurangan yang ada.

“Saya berharap ada bimbingan dari tim Kwarcab, agar kedepan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Purnomo juga berharap, turunnya tim Kwarcab lewat kegiatan lomba Kwartir dapat  memberikan motivasi dan semangat kepada pengurus Kwarran untuk meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan program kerja yang telah dicanangkan.

“Untuk menjadi yang terbaik, tentunya harus bisa meningkatkan kinerja kita,” tukasnya.

Bahkan, diakhir kegiatan Purnomo juga menyatakan siap mendukung kegiatan Kwarran Balapulang untuk mencapai prestasi terbaik.

Senada dengan Purnomo, Ketua Kwarran 11.28.14 Balapulang, Suharjo S.Pd mengungkapkan, jajarannya telah berupaya maksimal untuk melengkapi dan mempersiapkan segala sesuatunya pada penilaian kinerja tahun 2012.

“Terkait temuan tahun lalu, kita sudah berupaya perbaiki dan kita lengkapi. Mudah-mudahan tahun ini ada peningkatan dan lebih baik,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Tim Kwarcab Tegal yang berjumlah 7 orang, Anggota Mabiran, Pengurus Kwarran Balapulang dan anggota Dewan Kerja Ranting (DKR).(Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar