**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 03 Maret 2013

Kwarran Bumijawa Gelar Pesta Siaga


BUMIJAWA – Dalam rangka mencari barung putra dan putri terbaik, Kwarran 11.28.17 Bumijawa menggelar  Pesta Siaga, Sabtu (2/3)  di lapangan Desa Bumijawa. Kegiatan diikuti oleh 30 barung putra dan 54 barung putri yang berpangkalan di SD dan MI se Kwarran 11.28.17 Bumijawa.

Camat Bumijawa, Ahmad Susiyanto, S.IP selaku Ketua Mabiran saat membuka acara mengatakan tujuan utama kegiatan pesta siaga ini bukan hanya sebagai bentuk lomba namun juga sebagai ajang mengetahui sejauh mana kemajuan kegiatan pramuka di masing-masing gugus depan (Gudep).

“Momentum pesta siaga ini merupakan wahana untuk mengetahui kemajuan kegiatan Pramuka di Gudep,” katanya.

Dirinya berharap agar seluruh Gugusdepan (Gudep) dapat melakukan pembinaan moral dan keterampilan kepada peserta didik khususnya melalui jalur kegiatan kepramukaan.

“Mari kita bina moral peserta didik melalui kegiatan Pramuka,” pintanya

Ketua Panitia Amin Supriyanta, S.Pd menjelaskan kegiatan pesta siaga ini terdiri dari 13 warung yang terbagi dalam 6 kompetensi diantaranya kemampuan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemampuan menjunjukkan sikap kuat mental, emosianal, tinggi moral, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, kemampuan berusaha meningkatkan keterampilan, ketangkasan dan olahraga, kemampuan memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan budaya Indonesia, kemampuan mengikuti dan mentaati aturan kebiasaan untuk menumbuhkan kewajiban berbakti kepada keluarga, masyarakat dan negara.

“Enam kompetensi dasar tersebut selanjutnya dibagi menjadi 13 warung kegiatan,” jelasnya.

Terpisah Ketua Kwaran 11.28.17 Bumijawa, H. Muanis, S.Pd. menyampaikan harapannya agar barung putra dan putri terbaik yang akan mewakili Kwaran Bumijawa pada Pesta Siaga tingkat Kwarcab 11.28 Tegal tanggal 10 Maret 2013 di OW Purwahamba Indah Suradadi dapat mengulangi prestasi sebagai juara umum.

“Mudah – mudahan kontingen Bumijawa dapat mengulang prestasi sebagai juara umum ditingkat Kwarcab seperti pada tahun lalu (2012),” pungkasnya.

Dari hasil kegiatan tersebut  barung tergiat putra masing – masing Gudep SDN Bumijawa 01 sebagai tergiat I, sedangkan tergiat II dan III diraih Gudep SDN Gunungagung 02 dan SDN Guci 01. Sedangkan barung tergiat  putri yakni Tergiat I Gudep SDN Pagerkasih 01, SDN Batumirah 02 sebagai tergiat II dan SDN Guci 01 menyusul sebagai tergiat III.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar