**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 11 Maret 2013

Dukung Visit Jateng 2013, Gelaran Pesta Siaga Di Pur In



SURADADI –Upaya mendukung pelaksanaan Visi Jateng tahun 2013 ditunjukan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal dengan menggelar Pesta Siaga tingkat Cabang yang dipusatkan di kawasan obyek wisata Purwahamba Indah (Pur In) Suradadi, Minggu (10/3).

Kegiatan yang diikuti ratusan pramuka Siaga tersebut dibuka secara resmi oleh istri Bupati Tegal, Dra Hj Suspriyanti MM yang bertindak sebagai bunda/ pembina upacara. Turut hadir dalam kesempatan itu yakni Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum, Anggota Muspida / Mabicab, Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR, Pengurus Kwarcab, para Camat, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan dan Ketua Kwarran se Kwarcab 11.28 Tegal.

Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR mengatakan penempatan lokasi pesta siaga tingkat Kwarcab 11.28 Tegal di kawasan wisata Pur In dimaksudkan untuk mengenalkan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Tegal kepada para peserta didik khususnya usia Pramuka Usia.

“Sengaja lokasi kita tempatkan di Pur In, agar anak – anak tahu tempat wisata yang ada di Kabupaten Tegal,”terangnya didampingi Sekretaris Binamuda, Suharjo S.Pd disela kegiatan.

Selain itu, sambung dr Joko, upaya tersebut juga sebagai bentuk dukungan Pramuka terhadapat Visit Jawa tengah tahun 2013 yang dicanangkan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Tengah.

“Sekaligus hal ini sebagai bentuk dukungan kita (Pramuka) terhadap visit Jateng 2013,” tandasnya.

Pembina Upacara, Dra Hj Suspriyanti MM yang juga istri Bupati Tegal saat membuka secara resmi kegiatan mengatakan istilah “Pesta Siaga“ bagi yang belum memahami Pendidikan Kepramukaan mungkin dianggap kurang tepat, karena dapat dikonotasikan menghambur – hamburkan biaya dan hura – hura.

“Istilah “ Pesta “ untuk kegiatan Pesta Siaga, memang mengajak anak usia siaga untuk bergembira, bermain, unjuk ketrampilan yang mengandung pendidikan dalam rangka pembentukan karakter. Unjuk ketrampilan dan kemampuan memang dinilai, tetapi harus dalam suasana ceria, penuh kekeluargaan, anak harus bebas tidak merasa ada tekanan dan beban, diharapkan dapat berjalan alamiah sesuai perkembangan kejiwaannya,” ujarnya

Hal itu, kata Suspriyanti, sebagaimana diamanatkan Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yang menyatakan bahwa Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan berdasarkan pada nilai dan kecakapan dalam upaya membentuk kepribadian dan kecakapan hidup pramuka.

“Nilai kepramukaan yang mencakup : Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; Kecintaan pada alam dan sesama manusia; Kecintaan pada tanah air dan bangsa; Kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan; Tolong menolong; Bertanggungjawab dan dapat dipercaya; Jernih dalam berfikir, berkata dan berbuat; Hemat, cermat, bersahaja, rajin dan terampil. Adalah merupakan inti kurikulum Pendidikan Kepramukaan,” paparnya

Untuk itu dalam kesempatan itu, dirinya mengajak kepada para Mabicab, Mabiran, maupun Mabigus dan penentu kebijakan terkait untuk berkenan meningkatkan dukungan dan bimbingannya lebih konkrit terhadap Pendidikan Kepramukaan.

Memang untuk melaksanakan kegitan guna pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan non formal seperti pramuka ini perlu kesabaran dan pengorbanan. Karena di satu sisi Kakak-kakak para pengelola Kwartir, Gudep dan Pembina juga dituntut untuk menyelesaikan tugas dan mencukupi kebutuhan pokok,” ungkapnya

Meskipun tugas pembinaan generasi muda, lanjutnya, tidak hanya tugas para pengelola Kwartir dan Satuan  Gerakan Pramuka serta Pembina, tetapi tugas bersama seluruh bangsa dan warga Negara Indonesia yang bertanggungjawab, sebagaimana amanat undang-undang.

Tetapi saya yakin Kakak-kakak yang telah berikrar menjadi pengelola organisasi Pramuka disemua jajaran Kwarcab 11.28 Tegal , Telah mempunyai komitmen moral yang teguh, dan tinggi sebagimana amsal yang sering diucapkan “ Ikhlas Bakti Bina Bangsa berbudi Bawa Laksana,” tandas Suspriyanti

Secara khusus Suspriyanto berpesan kepada Pramuka Siaga bagi yang nanti dapat meraih prestasi tergiat tidak boleh sombong dan takabur, harus tekun dan berlatih lebih baik. Karena nanti tanggal 31 Maret 2013 barung tergiat I, II, III Putra dan Putri akan bertemu dengan Siaga perutusan Kwarcab se wilayah Pekalongan yang rencananya akan diselenggarakan di Sekretariat Pemkab Tegal, guna adu prestasi di Tingkat Binwil Pekalongan.

Bagi yang belum berhasil meraih prestasi tergiat juga jangan putus asa laksanakan latihan lebih giat di perindukan,” pesannya

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Makmuri S.Pd yang juga andalan Cabang Urusan Siaga menjelaskan kegiatan yang mengusung tema ‘Pramuka Siaga Ceria, Mandiri, Berprestasi’ diikuti oleh 18 barung putra dan 18 barung putri se Kwarcab 11.28 Tegal.

“Barung tergiat 1, 2 dan 3 serta tergiat harapan 1, 2, 3 akan memperoleh penghargaan berupa piala tetap dan piagam penghargaan,” jelasnya. (admin/hs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar