**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 25 Februari 2013

25 Regu Pramuka Adu Memasak “Shock Kitchen”



SLAWI – Ada pemandangan berbeda di Gugusdepan (Gudep) Pangkalan SMK Negeri 1 Slawi, tampak puluhan regu Penggalang Pramuka Putra dan putri dari berbagai 11 pangkalan SMP/MTs se Kabupaten Tegal unjuk kemampuan dan adu ketrampilan memasak.

Mereka bersaing dan berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam lomba kategori “shock kitchen yang digelar oleh Gudep SMK Negeri 1 Slawi yang terbalut dalam kegiatan Boy Scout Competition tahun 2013, Minggu (24/02) di pangkalan sekolah setempat.

Layaknya cheaf profesional, tiap regu yang terdiri dari 3 orang secara estafet / bergantian meracik menu sampai dengan membuat menu makanan dengan bahan dasar jagung yang disiapkan oleh panitia. Dengan durasi waktu tiap regu 45 menit, dengan pembagian masing – masing orang yakni 15 menit.

 “Peserta disediakan waktu 15 menit tiap orang, jadi maksimal tiap regu 45 menit,” ujar Koordinator Shock Kitchen, Endang Fatmawati disela kegiatan.

Dijelaskan Endang, semua peralatan memasak yang terdiri dari kompor gas, panci, tempat penggorengan, pisau dan lainnya dibawa sendiri oleh peserta kegiatan.

“Peserta bebas membuat menu apa saja, dari bahan dasar jagung yang disediakan oleh panitia,” terangnya.

Terkait penilaian, Endang menuturkan, materi yang dinilai oleh dewan juri yakni proses pembuatan, kekompakan / keserasian antara anggota regu dan hasil akhir.

“Untuk juri dari dewan guru yang membidangi sesuai dengan kriteria yang ada,” imbuhnya.

Pengurus Kwarcab Tegal, Suharjo S.Pd saat meninjau kegiatan mengatakan kegiatan sangat bermanfaat bagi generasi muda karena memberikan ketrampilan secara langsung bagi anggota Pramuka.

“Pramuka baik putra maupun putri dituntut untuk bisa memasak menu makanan, terlebih pada kegiatan shock kithcen, peserta dituntut kecekatan dan kemampuannya dalam memasak secara beregu. Jelas ini sangat besar manfaatnya,” tandasnya.

Suharjo berharap kegiatan sejenis yang dapat menyentuh langsung manfaatnya bagi anggota pramuka agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya.

“Saya harap kegiatan ini, bisa dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi,” harapnya yang juga Sekretaris Binamuda Kwarcab Tegal

Sebelumnya Kepala SMK Negeri 1 Slawi, Drs Ikhwan MM selaku Ketua Mabigus saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan BSC merupakan ajang pertemuan penggalang guna menyamakan materi sekaligus menguji kemampuan dalam bidang Kepramukaan dan lainnya saat di pangkalan masing – masing.

“Jadikan kegiatan BSC ini sebagai ajang silaturahmi antar Pramuka Penggalang khususnya di guna mengasah kemampuan adik – adik,” katanya.

Adapun peserta yang berhasil meraih kejuaraan yaitu Lomba Shock Kitchen Putra, Juara 1 diraih MTs Miftahul Ulum Margasari, Juara 2 SMP N 2 , Juara 3 SMP N 1 Lebaksiu dan Juara 4 MTs Lebaksiu. Untuk tim putri Juara 1 yakni SMP N 1 Pangkah, Juara 2 SMP N 2 Adiwerna, Juara 3 SMP N 1 Kramat dan Juara 4 SMP N 1 Bumijawa.

Selain lomba kategori shock kithcen, ajang BSC tahun 2013 juga menyajikan lomba comando cross dan ketrampilan pionering.

“Panitia sangat puas dengan penyelenggaraan ini, kegiatan berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar