**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 30 Maret 2013

Besok Pesta Siaga Korwil Pekalongan Digelar



SLAWI – Gelaran Pesta Siaga tingkat Kwarda 11 Jawa Tengah Wilayah Pekalongan bakal digelar di Komplek Sekretariat Pemkab Tegal, Minggu (31/3) besok. Hal itu dilakukan guna menjaring barung putra dan putri tergiat tingkat Korwil Pekalongan yang akan maju ke tingkat Persari Jawa Tengah bulan April mendatang.

Direncanakan, sebanyak 21 barung putra dan 21 barung putri atau setara dengan 420 Pramuka Siaga perutusan Kwartir Cabang (Kwarcab) se wilayah eks Karesidenan Pekalongan siap berlaga dalam ajang tahunan tersebut.

Waka Kwarcab Tegal, Drs  H Agus Subagyo MM selaku Panitia Kegiatan menjelaskan pesta siaga akan diisi dengan kegiatan yang terbagi dalam 6 kompetensi dasar diantaranya kemampuan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemampuan menjunjukkan sikap kuat mental, emosianal, tinggi moral, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, kemampuan berusaha meningkatkan keterampilan, ketangkasan dan olahraga, kemampuan memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan budaya Indonesia, kemampuan mengikuti dan mentaati aturan kebiasaan untuk menumbuhkan kewajiban berbakti kepada keluarga, masyarakat dan negara.

“Enam kompetensi dasar tersebut selanjutnya dibagi menjadi 13 warung kegiatan,” jelasnya kemarin.

Dikatakannya, selaku tuan tuan rumah kegiatan pihak Kwarcab Tegal telah melakukan berbagai persiapan guna suksesnya penyelenggaraan Pesta Siaga Korwil Pekalongan.

“Persiapan sudah kita lakukan sejak 1 bulan lalu. Dari kepanitiaan, lokasi kegiatan,  kesiapan juri maupun lainnya,” ungkapnya.

Dirinya berharap seluruh komponen panitia dapat bekerjasama dengan baik dan saling membantu segala sesuatu yang perlu dipersiapkan guna kelancaran dan suksesnya kegiatan dimaksud.

“Dengan kerjasama seluruh komponen, baik panitia maupun pengurus Kwarcab, mudah – mudahan acara akan berlangsung sukses dan lancar,” harapnya.

Sementara itu Pb Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab, Nurhasan mengatakan Pesta Siaga mengusung tema “Pramuka Siaga Ceria, Mandiri, Berprestasi dan Motto Satyaku Kudarmakan Dharmaku Kubaktikan.

”Direncanakan acara akan dibuka secara resmi oleh Bupati Tegal selaku Ketua Mabicab Tegal,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Hasan, pihak Kwarcab Tegal selaku penyelenggara juga mengundang forum Muspida selaku anggota Mabicab, para Kepala SKPD Kabupaten Tegal, Pengurus Kwarcab, para Camat, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan dan Ketua Kwarran se Kwarcab 11.28 Tegal.

“Kita juga mengundang Bupati / Walikota dan Ketua Kwarcab se Wilayah eks Karesidenan Pekalongan,” ujarnya.

Hasan menambahkan, bagi kontingen yang menjadi tergiat 1, 2 dan 3 putra dan putri dalam Pesta Siaga tingkat Korwil Pekalongan akan maju ke tingkat Kwarda Jateng dalam ajang Persari Siaga tingkat Jawa Tengah.

“Bagi barung tergiat 1, 2 dan 3 Putra dan putri berhak mengikuti Persari Siaga Jawa Tengah tanggal 13 – 14 April 2013 di Semarang,” pungkasnya. (admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar