**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 17 Maret 2013

Pandega Tegal Ikuti Perkemahan Dunia ISPC



SLAWI – Anggota Pramuka Pandega Putri Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal bakal mewakili Kabupaten Tegal dan Kontingen Jawa Tengah untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Perdamaian Pramuka Dunia atau Internasional Scout Peace Camp (ISPC) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta pada 25 – 31 Maret 2013 mendatang.

Pramuka Pandega putri tersebut yakni Herwin Kurniawati (21), yang merupakan alumni SMA Negeri 01 Slawi tahun 2010. Saat ini Herwin tercatat sebagai mahasiswa semester 6 Sekolah Tinggi Akuntan Negara (STAN) Jakarta.

Herwin Kurniawati saat berpamitan kepada Ketua Kwartir Cabang mengaku bangga dan senang bisa lolos seleksi dan menjadi wakil Kabupaten Tegal dan Jawa Tengah di ajang internasional yang bertajuk ISPC.

“Tentunya seneng banget, dapat kesempatan, “ akunya bangga.

Dirinya menuturkan, kegiatan perkemahan Perdamaian Dunia tahun 2013 atau ISPC  mengangkat tema, Scouting Builds Peace dan ber-sub tema, Understand Peace Through Socio-Cultural Diversity. ISPC akan diikuti sekitar  500 orang anggota kepramukaan dunia yang berusia 16-25 tahun yang berasal dari 6 wilayah region, seperti Asia Pacific, Africa, Arab, Eropa, Eurasia, dan Inter-America.

“Untuk tiap Kwarda / Propinsi wajib mengirimkan 8 Peserta yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri,” terangnya

Selain kegiatan di Cibubur, lanjut Herwin, para peserta juga akan hidup bersama masyarakat selama 3 hari, yaitu di Sub Camp Setu Babakan, Sub Camp Kampung Domba, Pandeglang, Banten, dan Sub Camp Desa Sukaratu, Cianjur, Jawa Barat.

“Peserta ISPC yang merupakan duta-duta perdamaian  ini berkesempatan untuk mempelajari sekaligus memahami dunia yang memiliki keanekaragaman lingkungan sosial, budaya, etnik, ras, agama dan lainnya. Kita dapat bertukar keberagaman budaya, informasi serta pengetahuan dari setiap Negara,” paparnya.

Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR menyampaikan apresiasi dan selamat kepada calon peserta ISPC wakil dari Kwarcab 11.28 Tegal sehingga mampu terpilih dan berkesempatan menjadi bagian dari kontingen Jawa Tengah.

“Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan. Manfaatkan dengan baik kesempatan yang jarang ini,” katanya kemarin.

Dr Joko berharap, perwakilan dari Kwarcab 11.28 Tegal mampu menjadi duta yang baik bagi Jawa Tengah dan khususnya bagi Kabupaten Tegal di ajang Internasional.

“Pengalaman yang berharga ini, hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Herwin. Jadilah duta yang baik, berikan informasi tentang Jawa Tengah dan  terlebih khusus Kabupaten Tegal dimata dunia,” harapnya.

Sementara itu, Pb Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab 11.28 Tegal, Nurhasan mengatakan sebelumnya telah dilakukan oleh seleksi oleh Kwarda 11 Jawa Tengah pada tanggal 17 Februari 2013 di Semarang yang diikuti  22 orang anggota Pramuka utusan Kwartir Cabang se Jawa Tengah

“Dari hasil seleksi tersebut diambil 8 orang Penegak/Pandega. Satu diantaranya adalah Herwin Kurniawati anggota Pramuka T/D Kwarcab 11.28 Tegal,” katanya

Melalui kegiatan ini, sambung Khasan, para duta-duta perdamaian tersebut, berkesempatan untuk mempelajari sekaligus memahami dunia yang memiliki keanekaragaman lingkungan sosial, budaya, etnik, ras, agama dan lainnya.

"Dengan adanya kegiatan ini, mereka dapat bertukar informasi, pengetahuan dan keberagaman budaya dari setiap Negara,” pungkasnya. (Admin/Hs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar