**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 11 Maret 2013

Ratusan Penggalang Adu Prestasi Dalam Ganas Scout V


SLAWI - Sedikitnya 600 anggota Pramuka Penggalang dari tiga daerah, yakni Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes, beradu prestasi dalam ajang Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) V.

Ajang lomba digelar dalam rangka memperingati HUT Ambalan Gadjah Mada dan Nyi Ageng Serang yang berpangkalan di SMAN 1 Slawi, Minggu (10/3).

Tercatat sejumlah 6 jenis kegiatan prestasi dipertandingkan pada acara yang digelar selama seharian penuh. Keenam mata lomba yang dilaksanakan dengan sistem Rally Base Camp itu terdiri dari Ganas Scout Rally (Penjelajahan), Ganas Scout Master (Pramuka Teladan), Kompetisi Ganas Orasi (Orasi Kebangsaan), Ganas Pioneering Competition (Pioneering), Ganas March Competition (Variasi Peraturan Baris Berbaris/PBB), dan Ganas Scout Caricatour (Lomba Karikatur).

Kegiatan yang dipusatkan di SMAN 1 Slawi tersebut, dibuka secara resmi oleh Kabid Pemuda dan Olah Raga (POR) Dinas Dikpora, Teguh Herdi Sancoyo, M.Pd yang mewakili Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal.

Dalam sambutannya saat membuka secara resmi GSAM V, Teguh memberikan apresiasi terhadap gelaran GSAM V. Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi antar Pramuka Penggalang serta memberikan bekal kepada peserta untuk menjadi pribadi yang taqwa dan mandiri.

"Diharapkan melalui ajang ini dapat mencetak Pramuka Penggalang yang berbudi pekerti dan memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme,” katanya.

Teguh juga berharap, arena GSAM diharapkan dapat menjauhkan diri dari hal-hal negatif seperti tawuran antar pelajar, penyalahgunaan Narkoba, dan lainnya.

“Dengan kegiatan semacam ini, dapat menjauhkan diri dari hal-hal negatif seperti tawuran antar pelajar, penyalahgunaan Narkoba, dan lainnya," papar Teguh Herdi, yang juga menjabat Sekretaris Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab 11.28 Tegal.

Sementara itu  terpisah, Pembina Pramuka yang berpangkalan di SMAN 1 Slawi, Nenny Dwi Agustini SH, menjelaskan, GSAM merupakan agenda rutin kegiatan tahunan oleh pangkalan Gugusdepan SMA 1 Slawi yang memuat berbagai tujuan.

"Salah satunya, yakni untuk mengembangkan persaudaraan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan di kalangan Pramuka Penggalang dalam kegiatan prestasi," terangnya.

Dia menambahkan, dari keenam kegiatan prestasi tersebut, masih diperinci dengan berbagai macam mata lomba. Seperti, dicontohkannya, pada Ganas Scout Rally, setiap regu yang terdiri dari 12 anggota Pramuka Penggalang, diuji dalam 7 pos kegiatan.

"Ketujuh pos tersebut diantaranya Sandi Mores dan Semaphore, Menaksir Tinggi dan Peta Lapangan, Peta Pita, PU/PUK dan Pengetahuan SMAN 1 Slawi, KIM, P3K, dan Wide Game. Sementara untuk lomba Ganas Scout Master, kami menguji seorang peserta unggulan dari setiap regu dengan berbagai soal layaknya lomba siswa teladan," terang Nenny, yang juga menjabat Pengurus/Andalan Cabang Kwarcab 11.28 Tegal.

Pada ajang GSAM V tersebut, berhasil keluar sebagai juara umum dan berhak atas Piala Bergilir Wakil Bupati Tegal, yakni kontingen SMPN 1 Tonjong, Brebes. Disusul juara 2 diraih SMPN 1 Slawi, dan juara 3 diraih SMPN 1 Talang.(Admin/Hs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar