**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 20 Januari 2011

Pesta Siaga Warureja

Menilik Pesta Siaga di Kwaran XI.28.03  Warureja

 Siaga, Trampil, Cerdas, dan Bersaudara

WARUREJA – Upaya menuju Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tegal, kini Kwartir Ranting (Kwaran) XI.28.03 Kecamatan Warureja juga menggelar Pesta Siaga, Minggu (16/1) kemarin. Bagaimanakah kegiatannya? 

PESTA Siaga yang bertema "Siaga, Trampil, Cerdas dan Bersaudara" ini digelar di Halaman SMP N 1 Warureja. Hadir dalam kesempatan itu, Muspika setempat, Pengurus Kwarcab Makmuri, Ketua Kwaran Djoko Eko Pratomo SPd, sejumlah Kepala SD sekitar dan pengurus Kwarcab serta pengurus Kwaran. 

Acara ini dibuka secara langsung oleh Camat Warureja Fakihurrohim SSos MM. Dalam sambutannya, Fakih menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir, bahwa kegiatan tersebut jangan hanya dilaksanakan di lingkungan sekolah saja. Akan tetapi, harus diterapkan senyawa kepada masyarakat sekitar. Sehingga, jalinan dengan sesama dapat berkesinambungan. 

"Saya berharap, peserta  Pesta Siaga tidak melupakan permainan tradisional yang dilombakan ini. Mungkin kelak jaman akan berubah. Tapi yang terpenting, kearifan lokal seperti ini harus dipertahankan. Jangan sampai anak-cucu kita tidak mengetahui apa itu permainan tradisional yang saat ini sudah semakin terkikis hilang oleh peradaban. Untuk itu, terapkanlah kegiatan seperti ini kepada masyarakat sekitar," ujar Fakih. 

Sementara itu, Ketua Kwaran Warureja, Djoko Eko Pratomo Spd mengatakan,  Pesta Siaga ini diikuti 24 barung siswa dan siswi. Sedangkan untuk mementaskan kreativitas dan ketangkasan barung, disediakan sebanyak 14 warung kegiatan. 

"Para peserta yang berasal dari siswa-siswi SD se-Kecamatan Warureja ini, akan menunjukan ketangkasannya disetiap warung kegiatan yang sudah disediakan. Jika sampai berhasil mendapat nilai tertinggi, mereka akan diseleksi lagi untuk mengikuti ke tingkat Kwarcab," paparnya. 

Ketua Panitia Kegiatan, Saryoto menambahkan, bagi pemenang akan diberikan suatu penghargaan berupa piagam, piala bergilir, dan piala tetap. Peserta diwajibkan menampilkan materi yang sudah disediakan oleh panitia untuk dilombakan. Yakni, ketrampilan, keagamaan, pengetahuan, kepramukaan, ketangkasan, dan kedisiplinan. 

“Pemenang pesta siaga kali ini, juara I putra diraih SDN Banjaragung 01, dan Juara I Putri diraih oleh SDN Kedung- kelor 01. Juara umum, diraih SDN Banjaragung 01. Mereka nantinya bakal dikirim ke tingkat Kwarcab untuk mewakili Kwaran Warureja," urainya. 

Salah seorang pengurus Kwarcab Kabupaten Tegal, Makmuri menegaskan, kegiatan Pesta Siaga tingkat kabupaten diperkirakan bakal diselenggarakan sekitar pertengahan bulan Februari 2011. Namun, keputusan pelaksanaannya menunggu hasil rapat kerja (Raker) di Semarang kelak. (Yeri Novel)

Sumber : Radar Tegal, 18 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar