**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 01 Januari 2011

KMD Talang


KMD, 2 Camat Jadi Peserta

TALANG – Dalam upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka dan tujuan pembangunan serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Pembina, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Talang menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Kegiatan bertempat di SD Kebasen 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal itu berlangsung mulai Senin (27/12) hingga Sabtu (1/1) mendatang.  

Kegiatan dibuka oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H. Muji Atmanto, SH.MM, Senin (27/12), dan diikuti oleh 48 Pembina perutusan Gugus Depan SD / MI, SMP dan SMA se Kwarran Talang dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab mengatakan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) adalah suatu jenjang pendidikan bagi Pembina yang harus dilalui dan dilaksanakan minimal 90 jam pelajaran, 51 jam dapat disajikan dalam ruangan dan 38 jam didalam perkemahan.  

“Kepada peserta KMD saya acungkan jempol, karena punya komitmen tinggi dan tanggungjawab atas tugas yang diembannya untuk meningkatkan pengetahuan dan bekal dasar bagi pembina,” kata Muji.

Pendidikan dalam Pramuka, kata Muji, ialah proses pembinaan potensi peserta didik sepanjang hayat yang berkesinambungan, sasarannya menjadikan mereka manusia mandiri, peduli, bertanggungjawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat.

“Dengan demikian Pembina Pramuka harus menempatkan dirinya sebagai mitra didik yang penuh tanggung jawab, bersikap dan berprilaku berdasarkan cinta kasih, kejujuran, keadaan, kepantasan, keprasahajaan dan kesederhanaan, kesanggupan berkorban dan rasa kesetiakawanan sosial, memperhatikan perkembangan peserta didiknya,” terang Muji

Salah satu panitia KMD, Henwi Pergiwati, S.Pd mengatakan, KMD diikuti oleh 48 Pembina dari perutusan Gudep se Kwarran Talang dan Kwarran sekitarnya yaitu Pangkah dan Dukuhturi. Termasuk 2 orang Camat / Ka Mabiran tercatat sebagai peserta KMD Talang. Dimana peserta nantinya akan diberikan materi sesuai kurikulum KMD yang ada.

“KMD diikuti 48 peserta, 2 orang diantaranya Camat Talang dan Camat Slawi”, jelasnya.

Terkait kegiatan, Henwi menjelaskan, Kursus akan diisi dengan kegiatan teori dalam ruangan / indoor maupun praktek secara langsung / outdoor. Materi yang diberikan sesuai dengan kurikulum KMD antara lain, seperti AD / ART Pramuka, Pendidikan dalam Kepramukaan, Prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK – MK), Sistem Among, Cara Membina, peran tugas dan tanggung jawab pembina dan sebagainya. “Permainan dan out bond juga akan diberikan kepada peserta ”, urainya. (K1)

Sumber : Radar Tegal, 29 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar