**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 01 Januari 2011

Pertiwana Rayon I


25 Kontingen Meriahkan Pertiwana Cabang  

BOJONG – Sebanyak 25 kontingen memeriahkan Perkemahan Bakti Saka Wana (Pertiwana)  Cabang Kabupaten Tegal dan Rayon I Perhutani Unit I Jateng, Rabu (15/12), di Bumi Perkemahan (Buper) Martoloyo, di Desa Suniarsih, Kecamatan Bojong. Kegiatan yang digelar rutin setiap tiga tahun sekali itu dibuka oleh Ketua Kwarcab 11.28 Tegal Muji Atmanto, SH.MM.

Dari 25 kontingen itu, sebanyak 21 diantaranya merupakan utusan sekolah/gugus depan di Kabupaten Tegal. Adapun sisanya merupakan Saka Wana Bakti se-Rayon I Perhutani Unit I Jateng yang terdiri atas KPH Pekalongan Timur, KPH Pekalongan Barat, KPH Balapulang, dan KPH Pemalang.

Pamong Saka Wana Bakti KPH Pekalongan Barat Sugiono, SH mengatakan, Pertiwana akan berlangsung selama empat hari, tepatnya mulai Rabu (15/12) hingga Sabtu (18/12). Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama KPH Pekalongan Barat dan Kwarcab 11.28 Tegal.

Adapun yang menjadi tujuannya menumbuhkembangkan semangat kepada generasi muda, khususnya pelajar untuk bisa mencintai alam dan lingkungannya. Disamping itu, kegiatan tersebut juga dimaksudkan supaya peserta mengerti arti pentingnya menjaga hutan lestari. “Kurang lebih ada 600 anggota Pramuka yang turut serta mengikuti Pertiwana di Buper Desa Suniarsih, Bojong,” ungkapnya.

Kegiatan umum yang digelar di antaranya upacara, lomba-lomba seperti cerdas tangkas, lintas alam, pemilihan putri lingkungan, kebersihan dan membuat tong sampah. Sementara itu, kegiatan bakti antara lain yaitu pemasangan papan petunjuk jalan/gang desa, penghijauan dan reboisasi.

Kali terakhir, menurutnya, kegiatan serupa pernah dilaksanakan di tempat yang sama yaitu Buper di Desa Suniarsih, Bojong. Saat itu, acara dilaksanakan tahun 2007. Diharapkan Pertiwana Cabang Kabupaten Tegal dan Rayon I Perhutani Unit I Jateng ini bisa semakin mempererat tali persaudaraan antara sesame anggota Pramuka. (J17-58).

Sumber : Suara Merdeka, 16 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar