**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 11 Januari 2011

Pesta Siaga Kramat


Menilik Pesta Siaga di Kwaran XI.28.01 Kramat


KRAMAT - Kwartir Ranting (Kwaran) XI.28.01 Kecamatan Kramat, Minggu (10/1) menggelar Pesta Siaga di Lapangan Kemantran kecamatan setempat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan bakat siswa dan juga menyeleksi calon peserta tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tegal. Bagimanakah kegiatannya ?

Tak bedanya dengan Kwaran lain, Kwaran Kramat ini juga menggelar Pesta Siaga guna mencari bibit tunas bangsa yang berkualitas. Kegiatan ini diikuti 45 barung putra dan 45 barung putri. Pesta siaga yang digelar di Lapangan Kemantran itu, mengusung tema “Jadilah Dirimu Sendiri”. Dan untuk mottonya, “Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan”.

Setiap barung yang berhasil memperoleh nilai tertinggi, bakal dikirim ke Kwarcab. Bila di Kwarcab tersebut kembali meraih peringkat tertinggi, barung tersebut bakal dikirim lagi ke tingkat Binwil (eks Karesidenan). Dan seterusnya, jika bisa lolos di tingkat Binwil, barung juga akan dikirimkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yakni ke tingkat Kwartir Daerah (Kwarda).

Kegiatan yang digelar selama sehari itu, dibuka secara langsung oleh Kepala UPTD Dikpora Drs Agus Budiyono MPd, yang juga sebagai Waka Mabiran. Hadir pula dalam kesempatan itu, pengurus Kwarcab Kabupaten Tegal, H Sonhaji yang mewakili Ketua Kwarcab 11.28 Tegal.

Dalam sambutannya, Drs Agus Budiyono MPd mengatakan, sebagai tunas-tunas bangsa harus memiliki budi pekerti yang tinggi. Dan diharapkan mampu menunjang perkembangan peserta didik untuk lebih mengenalkan kedisiplinan, ketrampilan, persaudaraan, bakti sosial, dan perkembangan watak. 

“Dengan tema Jadilah Dirimu Sendiri ini, bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat siswa dan sekaligus menyeleksi calon peserta lomba pesta siaga ini, sebagai perwakilan Kwaran Kramat menuju Kwarcab,” paparnya. 

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Tegal, melalui pengurusnya H Sonhaji menjelaskan, bahwa penilaian ajang Pesta Siaga yang diikuti oleh 900 peserta siswa dan siswi SD se-Kecamatan Kramat ini, beragam jenisnya. Diantaranya, seni budaya, ketrampilan, pengetahuan, cinta tanah air, ketangkasan, dan kelengkapan pakaian seragam pramuka.

“Masing-masing peserta harus bisa menunjukan prestasinya itu kepada panitia, yang oleh Pramuka Siaga dipanggil dengan sebutan Yanda dan Bunda. Bila berhasil memperoleh nilai yang bagus, peserta bakal dikirim ke tingkat Kwarcab,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kwaran Kramat, Teguh Rahayu S Spd didampingi Ketua Panitia Yarmuji Spd, menambahkan,  barung putri yang berhasil menjadi juara I dalam Pesta Siaga kali ini adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mejasem dengan skor nilai 1.176. Sedang Juara II diraih barung putri SDN Kepunduhan 01 dengan nilai 1.167,9. Dan Juara III barung putri SDN Kepunduhan 02 dengan nilai 1.159.

“Sedangkan untuk barung putra, juara I diraih oleh MI Mejasem Timur dengan nilai 1.170,9. Juara II barung putra SDN Mejasem Barat 01 dengan nilai 1.167. Dan Juara III barung putra SDN Kramat 02 dengan nilai 1.155. Bagi juara I akan dikirim ke Kwarcab pada bulan Februari mendatang. Sedangkan untuk juara II, dikirim ke tingkat Kwarcab tahun depan (2012),” jelasnya.

Laporan : Yeri Novel
Sumber : Radar Tegal, 11 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar