**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 07 Februari 2011

Kwarran Slawi Gelar Pesta Siaga

Slawi – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) 11.28.08 Kecamatan Slawi, Sabtu (5/2) menggelar Pesta Siaga. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan bakat siswa dan juga menyeleksi barung terbaik yang akan mewakili Kwarran 11.28.08 Slawi ke tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal. Acara dibuka secara resmi pelaksanaannya oleh Camat Slawi, Dra. Hj. Suspriyanti, MM selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Slawi.


Ajang yang digelar selama sehari dilapangan Depan Rumah Dinas Bupati Tegal itu mengacu pada program kegiatan Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah dan Gerakan Pramuka Kwarcab Tegal tahun 2011.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Suhartono, S.Pd melalui Koordinator Kegiatan Mudiyono, S.Pd disela – sela Pesta Siaga mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan pendidikan yang dikembangkan disekolah dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan (PDK-MK). Diharapkan mampu menunjang perkembangan peserta didik untuk mengenal disiplin, ketrampilan, persaudaraan, bakti sosial, dan perkembangan watak. Oleh karenanya, Pesta Siaga ini sangat diperlukan bagi siswa SD / MI.

“Materi Pesta Siaga ini, mengacu pada materi yang akan dilombakan di tingkat Kwartir Cabang,” katanya.

Ditambahkan Mudiyono, Pesta Siaga Kwarran Slawi ini diikuti oleh 42 Barung. Keseluruhan barung itu terdiri dari Gudep SD sebanyak 22 barung Putra dan 24 Barung Putri. Selain itu, peserta juga didampingi oleh Pembina Pendamping.

“Dalam Pesta Siaga ini akan diberikan kegiatan – kegiatan melalui 11 warung, yang mana didalam warung tersebut, siswa akan didampingi pembinanya, mulai dari warung keagamaan, warung yel barung atau semangat barung, seragam Pramuka, pengetahuan umum, puzzle, ketangkasan, seni budaya, ketrampilan janur, estafet kelereng, cinta tanah air dan NKRI, peduli sesama hidup dan lingkungan hidup, PBB dan Bumbung Kemanusiaan. Didalam 11 warung itu, dilakukan bermain dan berlatih, guna menjadi pribadi yang mandiri,” jelasnya.

Kegiatan Pesta Siaga secara resmi ditutup oleh Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Slawi, Dirun, S.Pd. Tampil sebagai barung tergiat putri yaitu tergiat 1, 2, 3 secara urut SD Kalisapu 04, SD Slawi Kulon 04, SD Dukuhwringin 03, dan harapan 1, 2, 3 yaitu SD Slawi Kulon 01, SD Slawi Kulon 05, dan SD Trayeman 03. 

Sedangkan Untuk Barung Putra tergiat 1, 2, 3 berturut- turut yaitu SD Kudaile 02, SD SD Trayeman 03, SD Slawi Kulon 06 dan tergiat harapan 1, 2, 3 yaitu SD Kagok 03, SD Pakembaran 03 dan SD Slawi Kulon 03.(s@n).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar