**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 03 Oktober 2015

Puluhan Pembina Antusias Ikuti Outbond



SLAWI - Banyak cara dilakukan untuk melatih kerjasama dan menanamkan jiwa kepemimpinan. Salah satu cara yang sedang gencar dilaksanakan adalah melalui outbond. Dimana dalam outbond, banyak ragam permainan yang dapat diberikan guna melatih kerjasama antar anggota, melatih kepemimpinan, kesabaran, saling percaya dan sebagainya.

Salah satunya seperti upaya yang dilakukan tim pelatih Pramuka Pusdiklatcab Dewacuri Kwarcab Tegal dengan menggelar Outbond bagi Pembina Pramuka peserta KMD Dikpora yang dihelat di area sekitar lokasi Kursus yakni di lapangan Sepakbola Kudaile Komplek Sanggar Pramuka, Jum’at (2/10/2015) kemarin.

Kepala Pusdiklatcab Dewaruci Kwarcab Tegal, H Nahrawi mengatakan Outbond yang dikemas dengan beragam permainan sederhana dimaksudkan untuk melatih kerjasama dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan peserta KMD sebagai bekal membina di pangkalan Gugusdepan (Gudep).

"Meski permainannya sederhana, tapi mengandung nilai yang baik guna menumbuhkan jiwa kerjasama dan kepemimpinan," katanya

Salah satu Tim Pelatih, Sukarno menjelaskan kegiatan Outbond diikuti oleh seluruh peserta KMD yang terdiri dari 70 Pembina dari Gudep SD/SMP/SMA sederajat dan dibagi menjadi beberapa kelompok.

"Tiap kelompok berjumlah 7-8 orang, disesuaikan dengan jenis permainannya," katanya

Dikatakan, ragam permainan yang disajikan yakni sebanyak tujuh jenis permainan yang meliputi Touc my ball (sentuh bola), estafet bola gayung, memindah ban, jarum galon, back bowling, pindah zat berbahaya dan over ball.

"Kegiatan disambut antusias oleh semua peserta. Meski kelihatan cape dan usia mereka beranjak senja, namun mereka terlihat senang dan bergembira," ungkapnya 

Sementara itu salah peserta KMD dari SD Procot 2 Slawi, Amin Santoso mengaku permainan yang disajikan dalam outbond cukup menarik dan membuat peserta merasa senang dan menikmati. "Meski rasanya cape, tapi cukup mengasikan dan membuat semangat baru bagi peserta," ujarnya singkat. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar