**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 05 Oktober 2015

Agus Subagyo : Perlu Kiat Khusus Untuk Majukan Pramuka



TALANG – Maju mundurnya Gerakan Pramuka diwilayah ada di tangan Kwartir Ranting dan Gugusdepan. Oleh karena itu perlu ada kiat khusus dalam pengelolaan dan pembinaan organisasi Gerakan Pramuka.  

“Bagaimana agar Pramuka Maju?? tanya Wakil Ketua Kwartir Cabang Tegal Bidang Organisasi dan Hukum, Drs. H. Agus Subagyo MM saat Pembinaan Kwartir Ranting Talang, Minggu (4/10/2015) di Sanggar Pramuka setempat.

Menurut Agus, kiat memajukan Pramuka yakni dengan menerapkan pola 4 sehat yang diawali dengan, sehat niat. Hal ini berarti dalam mengelola organisasi khususnya Pramuka hendaknya diniati dengan hati yang ikhlas penuh sukarela, tanpa pamrih. “Yang kedua yakni sehat aktifitas, artinya aktifitas pekerjaan, aktifitas organisasi, latihan dan kegiatan sehari - hari selalu dilaksanakan dengan baik,” paparnya.

Sehat yang ketiga, kata Agus, yaitu sehat manajemen, artinya dalam mengelola organisasi maupun kegiatan selalu dengan perencanaan yang baik. Sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai secara optimal. "Dengan perencanaan yang baik, maka kegiatan yang kita laksanakan akan mencapai hasil yang maksimal," tandasnya.

Masih kata Agus yang juga Kepala BLH, sehat yang keempat, yaitu sehat Jasmani dan rohani. Sehat yang terakhir atau sebagai penyempurna yaitu sehat do'a dan sholawat. "Tidak ada yang sulit, jika setiap usaha kita selalu dilandasi do'a dan sholawat," pungkasnya

Selanjutnya terkait Penilaian Kwarran tergiat tahun 2015, Agus menjelaskan yakni bertujuan dalam rangka untuk mengawal implementasi UU Pramuka. Dimana gerakan pramuka penting dalam pembentukan karakter bangsa, penanaman nasionalisme dan meningkatkan kualitas ketrampilan hidup / life skill peserta didik. "Mengawal dalam arti menyelamatkan generasi muda bangsa," Imbuhnya.

Sementara Ketua Kwarran Talang, Sorikhi S.Pd  menyambut baik pembinaan dari Tim Kwartir Cabang. Menurutnya, pembinaan sangat berarti bagi Kwartir Ranting guna peningkatan kegiatan dimasa mendatang.

“Pembinaan dan evaluasi dari tim Kwarcab akan menjadi masukan yang baik bagi Kwarran agar kedepan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu tim Penilai Kwarcab terdiri Sopan Effendi S.Pd yang menilai bidang organisasi dan hukum,  Suharjo, S.Pd menilai bidang pembinaan generasi muda (binamuda) merangkap Bidang Keuangan dan Sarpras, H Nahrawi menilai bidang pembinaan orang dewasa (Binawasa), Nurhasan menilai bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat, dan Eka Noviasari Dan Dimas menilai Dewan Kerja Ranting (DKR). (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar