**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 17 Juni 2012

WAKIL BUPATI LEPAS KONTINGEN JAMDA XIII

SLAWI - Sejumlah 50 orang Pramuka yang tergabung dalam Kontingen Jambore Daerah (Jamda) XIII Kwarda 11 Jateng dari Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal, dilepas keberangkatannya oleh Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum, Minggu (17/6) di Pendopo Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal.

Kontingen tersebut akan mengikuti Pertemuan Besar penggalang dalam ajang Jambore Daerah XIII di Desa Delingan, Kabupaten Karanganyar tanggal 20 - 26 Juni mendatang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, Mkes MMR, Para Waka Kwarcab diantaranya Waka Kwarcab Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo, MM yang juga Assisten II Sekda, Waka Kwarcab Bidang Binamuda, H Sonhaji, S.Pd, Waka Kwarcab Bidang Binawasa, Hj Dijatinah, S.Pd, Anggota Mabicab, sejumlah Pengurus Kwarcab dan Kwarran, Kepala SMP/MTs terkait selaku Ketua Mabigus serta orang tua siswa anggota kontingen Jamda.

Pimpinan Kontingen Cabang (Pinkoncab), Wahidin, S.Pd dalam laporannya mengatakan 50 Pramuka yang diberangkatkan terdiri dari 20 penggalang putra dan 20 Penggalang putri yang berasal dari 23 Gugusdepan pangkalan SMP/MTs dan 10 Kwarran di Kwarcab 11.28 Tegal. Selain kontingen inti, juga disertakan empat pendamping putra dan putri yang bertugas mengarahkan langsung kepada peserta dalam melaksanakan kegiatan.

"Juga turut serta 4 orang pendukung kontingen dan 1 orang Paramedis," kata Wahidin,SPd,

Dikatakan Wahidin, Pelaksanaan Jambore Daerah (Jamda) XIII Kwarda 11 Jawa Tengah bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, ketrampilan, persatuan

dan kesatuan dalam rangka penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu Trisatya dan Dasadharma Pramuka.

"Dalam Jamda nanti, akan disajikan berbagai kegiatan yang meliputi kegiatan umum, pendidikan, seni budaya, scouting skill, ketrampilan, wisata, petualangan dan bakti," paparnya.

Selain itu, tambah Wahidin, pada Jambore Daerah XIII yang bakal digelar di Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri, Delingan Kabupaten Karanganyar tersebut, juga bakal disajikan kegiatan yang bersifat prestasi dan perlombaan.

"Untuk mata kegiatan yang dilombakan antara lain pertendaan, gapura dan pioneering, Paduan suara dan Pentas Seni Budaya Daerah. Khusus untuk pentas seni daerah, Kontingen Tegal akan menampilkan Seni Kuntulan Tegalan," terangnya.

Wakil Bupati Tegal, H.Moch.Hery Soelistiyawan SH MHum, selaku Ketua Harian Mabicab dalam sambutannya mengatakan, menjadi anggota kontingen Jamda merupakan satu kebanggaan bagi Pramuka Penggalang. Karena adik-adik merupakan 40 Penggalang terpilih dari ratusan ribu penggalang yang ada di Kwarcab 11.28 Tegal.

"Tidak semua Penggalang punya kesempatan mengikuti Jamda, oleh karenanya saya berpesa adik-adik serius dan semangat dalam mengikuti Jamda XIII, pererat jalinan persaudaraan yang akrab dan manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk menggali pengalaman sebanyak-banyak," pesannya

Wabup juga memberikan motifasi dan semangat kepada anggota kontingen agar tampil maksimal, percaya diri dan tidak minder dengan kontingen dari Kwarcab lain di arena Jambore Daerah XIII Jawa Tengah

"Jangan minder dengan kontingen lain, setiap orang punya lebih dan kurang. Dengan bekal pelatihan yang diberikan pembina, adik - adik dapat memberikan penampilan yang baik dan maksimal," imbuhnya

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera Kontingen dari Wakil Bupati, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum kepada Pimpinan Kontingen Cabang dan pemakaian secara simbolis jaket dan tas kontingen kepada perwakilan peserta oleh Wakil Bupati Tegal.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan uang saku kepada peserta Jambore Daerah dari Wakil Bupati Tegal. (Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar