**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 19 Juni 2012

Ribuan Pramuka Meriahkan Jamran Adiwerna


ADIWERNA – Sedikitnya 2100 Pramuka Penggalang dari pangkalan SD/MI, SMP/MTs se Kecamatan Adiwerna meramaikan perkemahan Jambore Ranting (Jamran) Kwarran 11.28.04 Adiwerna. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Manunggal Ujungrusi sebelah barat Mako Yonif 407 / Padmakusuma itu, dibuka secara resmi oleh Camat Adiwerna Moh. Soleh, S.Sos MM, Senin (18/6) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, selain Penggalang tampak sejumlah 72 Pramuka Penegak dari 6 sangga juga turut memeriahkan perkemahan jambore ranting.

Ketua Panitia Jamran, Sugeng, S.Pd didampingi Nasrudin mengatakan Jambore merupakan kegiatan rekreasi sekaligus pertemuan besar bagi pramuka penggalang yang bertujuan membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan Pramuka yang berupa janji Trisatya dan ketentuan moral Dasa Darma Pramuka.

“Jambore juga sebagaai sarana memupuk persaudaraan di kalangan Pramuka Kwaran Adiwerna,” katanya disela kegiatan, Selasa (19/6).

Dalam Jamran ini, kata Sugeng, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang disiapkan oleh panitia. Dimana kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok kegiatan yang disajikan dalam perlombaan, yaitu bidang ketrampilan, ketangkasan, seni budaya, cinta tanah air, kesehatan lingkungan dan sebagainya.

“Materi kegiatan yang dilombakan antara lain pionering, senam pramuka, pentas seni, penjelajahan, dan PBB,” paparnya.

Terkait peserta, kata Sugeng, Jambore diikuti sejumlah 65 pangkalan SD/MI, 8 pangkalan SMP/MTs dan juga dimeriahkan oleh 3 pangkalan Penegak SMK / sederajat.

”Peserta Jamran mencapai 2000 orang terdiri dari 1950 peserta dari SD/MI, 180 peserta dari SMP/MTs dan 72 peserta dari Unsur Penegak,”imbuhnya.

Sementara Camat Adiwerna. Moh Soleh, S,Sos MM saat membuka acara mengatakan Jambore merupakan sarana pembentukan karakter bagi pramuka yang diimplementakan dalam perkemahan. Dimana dalam Jamran, peserta dapat menggali ilmu dan ketrampilan.

“Jadikan Jamran ini, untuk menggali ilmu dan ketrampilan sebanyak – banyaknya,” katanya.

Dikatakan Soleh, Jambore ranting juga dapat dijadikan sarana menumbuhkan semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan sesama Pramuka khususnya se wilayah Kecamatan Adiwerna.

“Tanamkan kebersamaan dalam Jambore ini, dan saya pesan tetap jaga kebersihan lingkungan kita,” pungkasnya

Jambore Ranting yang dimulai sejak Senin (18/6) akan berakhir Rabu (20/6) sore ini. (Hasan)

1 komentar:

dkc aceh tengah mengatakan...

http://dkcacehtengah.blogspot.com/2012/05/pramuka-gayo-tanam-pohon.html

Posting Komentar