**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 17 Oktober 2011

Meski Diguyur Hujan, Jamran Margasari Meriah


Margasari – Sedikitnya 1500 Pramuka Penggalang SD/MI meramaikan Jambore Ranting (Jamran) Kwarran 11.28.16 Margasari yang di gelar di lapangan barat dan dilapangan timur Margasari. Kegiata dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH MM, Senin (17/10) kemarin.

Meskipun sempat diguyur hujan, saat berlangsung pembukaan. Namun antusiasme peserta cukup tinggi. Hal itu terbukti, upacara berjalan dengan lancar dan keseriusan peserta untu mengikutinya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Margasari, Abuseri, S.IP selaku Ketua Mabiran, Kepala UTPD Dikpora Margasari, Wartono, S.Pd, Ketua Kwarran 11.28.16 Margasari, Nurokhman, S.Pd dan Kepala SD / MI selaku Ka Mabigus se Kwarran 11.28.16 Margasari.

Ketua Panitia Jamran, Suratmo, S.Ag mengatakan Jambore merupakan kegiatan rekreasi sekaligus pertemuan besar bagi pramuka penggalang yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan, persaudaraan dan mengenal lingkungan serta teman sebaya.

”Selain ajang rekreasi Pramuka, Jamran juga untuk membentuk penggalang yang taqwa, cakap, trampil dan percaya diri,” katanya.

Dalam Jamran ini, kata Suratmo, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang disiapkan oleh panitia. Dimana kegiatan tersebut dibagi menjadi lima bidang kegiatan, yaitu rekreatif, mental spiritual, Olah raga dan budaya, cinta tanah air dan giat prestasi.

”Peserta yang aktif mengikuti semua kegiatan, berpeluang menjadi peserta tergiat,” tambahnya.

Sementara Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH.MM dalam sambutannnya menegaskan bahwa  Jambore Ranting juga dimaksudkan untuk memperingati hari Pramuka ke 50 tahun 2011. Karena pada tanggal 14 Agustus 2011 bertepatan dengan bulan puasa sehingga tidak dilaksanakan kegiatan Jambore Ranting.

”Tema hari Pramuka ke 50 tahun 2011 yaitu ”Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia Jayalah Indonesia”,” tegasnya

Tema diatas, kata Muji mengandung makna bahwa setiap insan pramuka harus bangga sebagai bangsa Indonesia, dan berpegang teguh pada empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Pramuka harung memegang teguh empat pilar bangsa tersebut,” tandasnya.

Muji berpesan dalam mengikuti kegiatan, tunjukkan semangat, sikap bersahabat dan kekeluargaan dengan teman-temanmu dari lain Gudep, laksanakan kegiatan dengan penuh ceria, gembira, mandiri dan percaya diri.

”Ingat Pramuka mempunyai sepuluh Darma yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Jambore Ranting (Jamran) Margasari dimulai Senin (17/10) kemarin dan akan berakhir pada Rabu (19/10) hari ini. (Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar