**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 30 Oktober 2011

Kwarcab Tegal Gelar Pelatihan Kehumasan


Bojong – Dalam rangka membekali bidang humas kwartir ranting (kwarran), Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab 11.28 Tegal menggelar Pelatihan Kehumasan selama 2 (dua) hari. Kegiatan yang bertempat di SD Negeri Suniarsih yang terletak di Komplek Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal itu, dihelat Sabtu (29/10) hingga Minggu (30/10) kemarin.

Pelatihan yang diikuti oleh 34 orang humas Kwarran dan anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) itu, dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH.MM, Sabtu (29/10).


Dalam sambutannya Muji Atmanto mengatakan pelaku organisasi disemua lini, sebenarnya merupakan humas yang baik bagi organisasinya, termasuk didalamnya Pengurus Gerakan Pramuka disemua tingkatan.
“Fungsi humas perlu melekat pada individu setiap pengurus organisasi,” Tegasnya
Menurut Muji, humas sendiri merupakan upaya memberikan persepsi yang baik kepada masyarakat / publik tentang tujuan organisasi. Sehingga didalam Gerakan Pramuka, humas mempunyai fungsi antara lain menyampaikan tujuan mulia Gerakan Pramuka.
“Pramuka meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan membentuk akhlak. Hal itulah yang perlu dikabarkan oleh humas Pramuka kepada masyarakat,” kata Muji.
Dalam kesempatan tersebut Muji berharap agar kegiatan kehumasan bisa berjalan dengan baik dan dapat memberikan pemahaman bagi pelaku humas ditingkat Kwartir Ranting (Kwarran.red).
“Tawarkan keunggulan Pramuka. Manfaatkan juga komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan,” pesannya.
Ketua Panitia Pelatihan, Yuliadi Indrayanto mengatakan pelatihan bertujuan untuk memberikan bekal kepada pengurus kwarran tentang dunia Kehumasan, Jurnalistik dan keprotokoleran. Sehingga diharapkan diterapkan dalam menjalankan fungsinya sebagai humas pramuka.
“Kegiatan diikuti oleh 34 orang terdiri dari andalan humas Kwarran dan anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) se Kwartir Cabang 11.28 Tegal,” terangnya.
Dalam pelatihan ini, tambah Yuli, peserta diberikan berbagai materi oleh narasumber yang memiliki kompetensi dibidangnya. Materi tersebut antara lain Kehumasan dan Protokoler oleh Drs Adi Mardiatno selaku Kabag Humas Pemkab Tegal, Cara Menulis Berita di Media Massa oleh Imam Teguh S Redaktur Pelaksana Radar Tegal, Berita dan Fotografer oleh Arif Rahadian S Redaktur Radar Tegal, peran pendidikan Pramuka dalam pembangunan karakter bangsa oleh Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH.MM, dan administrasi kwartir (sismintir) oleh Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY.
“Selain materi diatas, juga diisi pengenalan tanaman herbal oleh Dinas Kesehatan Kabupatten Tegal,” pungkasnya.
Pelatihan yang dimulai sejak Sabtu (29/10) itu, ditutup secara resmi oleh Waka Kwarcab Bidang Abdimas dan Humas Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono, M.Kes, Minggu (30/10). (Hasan/Humas Kwarcab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar