**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Rabu, 26 Oktober 2011

Kwarcab Tegal Gelar LT-III


Adiwerna – Sedikitnya 340 Pramuka Penggalang Rakit dan Terap atau setra SMP / MTs yang tergabung dalam 34 regu se Kwarcab 11.28 Tegal beradu kemampuan dan ketrampilan dalam ajang Lomba Tingkat III (LT-III) yang digelar Kwartir Cabang 11.28 Tegal di Bumi Perkemahan Wana Tirta, Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH.MM, Sabtu sore, (22/10).
Dalam pembukaan tersebut, turut dimeriahkan dengan penampilan 3 atraksi senam oleh Pramuka Penggalang Kwarran Adiwerna. Tiga atraksi senam tersebut terdiri dari senam semaphore, senam morse dan senam ceria. Dimana sebelumnya senam tersebut, pernah ditampilkan pada HUT Pramuka ke 50 tingkat Jateng di Simpang Lima, Semarang.
Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH.MM dalam sambutannya mengatakan Lomba Tingkat III adalah kegiatan untuk mengukur prestasi Pramuka Penggalang, sehingga dapat diketahui batas yang harus dicapai Pramuka Penggalang Rakit atau Terap.

“Dalam LT-III ini, diisi dengan kegiatan kreatif, rekreatif daan edkatif dalam bentuk lomba,” katanya.

Oleh karena itu dalam LT- III, Pramuka Penggalang akan dinilai antara lain : bagaimana disiplin pribadi, rasa tanggung jawab, kesetiaan terhadap regu serta ketrampilan menguasai pioneering, teknik kepramukaan, semaphore, morse dan lain – lain.

“Tunjukan dengan penuh semangat, hasil latihan di Gudep dan prestasi LT-II secara maksimal. Jangan ragu dan jangan malu,” tegas Muji

Muji mengingatkan fungsi LT yaitu sebagai tolak ukur penerapan nilai Satya dan Dharma Pramuka, mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan mengelola regu, memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Pramuka Penggalang melaksanakan kegiatan dari, oleh dan untuk kepentingan mereka (Penggalang.red).

“Minimal Pramuka Penggalang akan memperoleh pengalaman, ketrampilan dan sahabat,” tandasnya.

Ketua Panitia LT-III, Suharjo, S.Pd mengatakan Lomba Tingkat III merupakan arena pertemuan Regu Pramuka Penggalang Tingkat Kwartir Cabang 11.28 Tegal dengan cara kegiatan kreatif, rekreatif edukatif dalam bentuk perlombaan.

“ LT III ini lebih ketat karena berbentuk lomba, berbeda dengan Jambore Penggalang,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Harjo, dalam LT-III Pramuka Penggalang dituntut lebih mandiri tanpa bantuan dari Pembinanya. Pembina pendamping sifatnya hanya memantau dan mengawasi anak didiknya.

“Kemandirian menjadi modal bagi adik - adik peserta LT-III, karena semuanya harus dilakukan sendiri oleh mereka (penggalang-red),”tegasnya.

Terpisah, Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab 11.28 Tegal, Nurkhasan mengatakan Lomba Tingkat III yang dikemas dalam bentuk perkemahan dan Lomba Penggalang ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kreatifitas dan ketangkasan serta ketrampilan anggota Pramuka. Selain itu juga, untuk mencari regu tergiat yang akan mewakili Kwarcab 11.28 Tegal dalam Lomba Tingkat IV di tingkat Kwarda 11 Jateng pada tahun 2012 mendatang.

“Ajang ini juga sekaligus untuk mencari regu terbaik untuk mewakili Kwarcab Tegal pada LT IV Februari 2012 di Kota Semarang,” paparnya.

Materi kegiatan yang dilombakan, tambah Khasan, dibagi menjadi 6 kelompok kegiatan antara lain Kelompok Ketaqwaan terhadap Tuhan YME; Kepribadian dan kepemimpinan; pengetahuan dan kecerdasan; ketrampilan, kecerdasan dan olahraga, serta peduli sesama dan lingkungannya.

“LT – III dimulai hari ini, Sabtu (22/10) dan akan berakhir Selasa (25/10) mendatang,” pungkasnya. (Hasan/Hms)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar