**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 25 Juli 2016

Kwarcab Adakan Pitaran Pelatih

SLAWI - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal menggelar Pitaran Pelatih 2016 di Sanggar Pramuka Cabang, Minggu (24/07/2016). Kegiatan dalam upaya meningkatkan mutu para Pelatih Pramuka di Kabupaten Tegal itu diikuti 30 Pelatih bersertifikat / lulusan KPD dan KPL.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Dewaruci Kwarcab Tegal, Djoko Eko Pratomo,S.Pd,M.Pd, mengungkapkan, seorang pelatih penting untuk meningkatkan kualitasnya. Selain itu, Pelatih juga harus mumpuni sesuai golongannya masing-masing. “Seorang pelatih juga harus siap stanby 24 jam dalam melaksanakan tugasnya,” tandas Djoko

Menurut Djoko, dalam menyalurkan ilmunya, seorang pelatih pramuka dituntut untuk mampu menulis berbagai petunjuk kepramukaan misalnya dengan membuat buku panduan / petunjuk kegiatan.

Senada Anggota Mabicab Tegal, H Ike Nahrawi mengharapkan, kedepan kegiatan pelatihan dan pendidikan lebih baik dan meningkat. Mantan Kepala Pusdiklatcab itu juga meminta para pelatih harus lebih variatif dalam melatih para pembina sehingga tidak monoton.

“Pelatih supaya dibekali scouting skill yang mumpuni, sehingga siap melatih dengan profesional,” ungkapnya.

Kegiatan pitaran tambah menarik saat paparan dari pelatih Senior, dr Bimo Bayuadji. Bimo yang sudah sangat berpengalaman dalam kegiatan Pramuka dan berbagai kegiatan kemanusiaan termasuk pengalamannya saat di negara lain yaitu Singapura, memberikan inspirasi bagi para pelatih yang hadir.

Bimo memberikan keterampilan praktis dalam pramuka yang kadang terlewatkan oleh peserta. Misalnya cara penggunaan palu darurat pemecah kaca di kereta api saat dibutuhkan, palu itu tidak untuk dipukulkan tetapi digoreskan. Penggunaan media telekomunikasi dari yang sederhana samapai yang modern. Dan juga keterampilan mainan dari kertas yang simpel dan menarik.

Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa), Farid Zakaria,S.Pd menjelaskan, Pitaran Pelatih digelar dalam rangka menyegarkan kembali para Pelatih Pramuka di Kabupaten Tegal, sehingga dapat menghasilkan para Pembina Pramuka berkualitas.

Dia berharap, para pelatih Pramuka di Kwarcab Tegal harus senatiasa mencari berbagai informasi terkini tentang Gerakan Pramuka. Baik melalui materi yang ada di buku panduan, media cetak maupun elektronik serta tukar pengalaman antar pelatih.

Disamping itu, Pendidikan SMA Pagerbarang ini mengakui tuntutan perkembangan jaman, seorang pelatih Pramuka harus menyeimbangkan kemampuan di bidang kepramukaan dan materi umum. Terutama, kemampuan di bidang iptek, skill, serta memiliki wawasan yang luas. “Kami harapkan, melalui Pitaran Pelatih kali ini dapat merefresh para Pelatih Pramuka serta memacu tumbuhnya kaderisasi pelatih muda yang memiliki semangat tinggi dalam mengembangkan pembinaan Pramuka di Kabupaten Tegal,” imbuhnya.

Sejumlah materi yang disampaikan diantaranya SK Kwarnas Nomor 202 Tahun 2011 tentang Sistem Pendidikan dan Pelatihan dalam Gerakan Pramuka, Standar Prosedur Operasional (SOP) Penyelenggaraan Diklat dan pengisian daftar portofolio para pelatih untuk penilaian diri.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), R Sopan Efendi,S.Pd, Sekretaris Bidang Humas Abdimas, Teguh Herdi Sancoyo, S.Pd,MM, Sekretaris Bidang Orgakum, Nurkhakim,S.Pd dan puluhan Pelatih jajaran Pusdiklatcab Dewaruci Tegal. (Admin/NK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar