**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 18 Juli 2016

Gudep SMA 1 Slawi Rintis TBM di Dukuh Kalisusu

SLAWI Dalam rangka untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Gudep Tegal pangkalan SMA 1 Slawi melalui Aksi Pramuka Peduli merintis Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Dukuh Kalisusu Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng. Peresmian TBM yang diberi nama Taman Baca Gama Nasa dilakukan Sabtu (16/7) oleh Pembina Gudep SMA 1 Slawi, Ketua RW 14 Dukuh Kalisusu disaksikan Pengurus Pramuka Peduli Kwarcab Tegal.

Pembina Pramuka SMA 1 Slawi, Nenny Dwi Agustini, SH mengatakan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan meningkatkan kepedulian pemuda terhadap kondisi masyarakat. Maka Taman Baca Masyarakat (TBM) menjadi salah satu upaya Pramuka untuk mendorong dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Ini adalah upaya melatih kepedulian adik-adik pramuka sekaligus menghilangkan image bahwa pramuka identik dengan Gojlogan, tetapi pramuka juga bisa berbuat sesuatu untuk masyarakat,” ungkap Nenny saat peresmian TBM.

Dirinya berharap, apa yang dilakukan Pramuka SMA 1 Slawi. Meski tidak seberapa dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Dukuh Kalisusu utamanya dalam meningkatkan minat baca pemuda dan masyarakat setempat.

“Untuk sementara di TBM sudah ada sekitar 200 buku dari berbagai koleksi seperti buku-buku islami, buku pelajaran, novel maupun Al Qur’an. Buku tersebut berasal dari sumbangan anggota Pramuka SMA 1 Slawi, alumni serta bantuan Kemenag dan Dikpora,” bebernya.

Ketua RW 14 Dukuh Kalisusu, Karanganya, Radi menyambut baik kehadiran Taman Baca Masyarakat (TBM) yang digagas Pramuka SMA 1 Slawi. “Kami mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Pramuka SMA 1 Slawi yang telah mendirikan Taman Baca disini. Semoga kedepan bias meningkat,” ungkapnya didamping Pengurus TPQ Sukirman.

Sementara Koordinator Pemuda setempat, Fery Adriana menuturkan, minat baca masyarakat dan pemuda di desanya memang sangat minim. Menurutnya, hal itu disebabkan ketiadaan fasilitas pendukung seperti perpustakaan. Untuk itu, TBM yang digagas Pramuka SMA 1 Slawi diharapkan meningkatkan minat masyarakat untuk menambah pengetahuan melalui bacaan-bacaan bermanfaat.

“Kami sangat merespon dengan baik dengan didirikannya TBM ini, karena dapat mendorong minat Masyarakat dalam baca buku, sehingga tingkat pengetahuan juga nantinya bisa lebih meningkat. Maka dari itu saya berharap TBM ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya TBM akan dikelola oleh Pengurus Remaja setempat dan rencananya pelayanan akan dibuka siang hari mulai pukul 14.00 Wib s.d 17.00 Wib. “Saat ini kita masih melengkapi administrasi dan pembukukan. Dan untuk pelayanan TBM mengikuti waktu pendidikan TPQ yakni mulai jam 14.00 – 17.00 Wib sore,” Ujar Fery yang juga alumni SMK 1 Slawi.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan bantuan puluhan paket sembako kepada warga dan masyarakat Dukuh Kalisusu oleh Pramuka SMA 1 Slawi. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar