**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 20 September 2015

Ratusan Penggalang Ikuti Perjusa



 DUKUHWARU - Ratusan calon penggalang Gugus Depan (Gudep) SMP Negeri 1 Dukuhwaru mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa). Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah, Irawan Setiaji S.Pd mewakili Ka Mabigus, Joko Purwanto S.Pd, Jum’at (18/9) sore di lapangan sekolah setempat.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh pembina upacara dan dimeriahkan oleh penampilan pencak silat oleh siswa siswi setempat.

Dalam sambutannya Irawan mengatakan, para calon penggalang ini merupakan siswa kelas VII yang sebelumnya pramuka Penggalang Ramu di lingkungan SD/MI. Para calon penggalang baru ini akan digembleng dengan sejumlah materi kepramukaan yang dipandu oleh Pembina Pramuka Gudep dan Dewan Penggalang setempat.

“Selain itu, mereka juga dibekali dengan bagaimana cara untuk bisa bertahan hidup dilingkungan luar rumah. Tujuannya, agar para calon penggalang ini bisa menjadi seorang yang tidak manja dan belajar mandiri dimulai dari sejak dini,” ujarnya

Ketua Gudep SMP 1 Dukuhwaru, R Sopan Effendi S.Pd mengatakan, Perjusa dimaksudkan sebagai media berkegiatan bagi Penggalang baru SMP Negeri 1 Dukuhwaru. Sekaligus sebagai sarana menumbuhkan rasa kebangsaan, nasionalisme dan kepemimpinan.

"Jumlah penggalang baru (siswa kelas VII) sebanyak 306 anak ditambah dengan Dewan Penggalang 50 anak," kata Sopan didampingi Pembina Ratna

Menurut dia, Perjusa tidak hanya acara seremoni Penerimaan Tamu Penggalang, baru, tapi juga diisi dengan berbagai acara. Antara lain, kerohanian, Lomba Poster, LCTP, api unggun, pentas seni budaya, olahraga pagi dan Rally  Scout. Dirinya tak menampik, kegiatan Perjusa selalu digelar rutin setiap awal tahun ajaran baru.

"Ini sebagai langkah kita untuk menciptakan generasi muda yang lebih bagus dan bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara," tandasnya. 

Sementara, salah satu penggalang, Denita mengaku senang selama mengikuti kegiatan Perjusa tersebut. "Dengan mengikuti perjusa ini, saya bisa menambah wawasan dan pengalaman," ujarnya. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar