**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Sabtu, 22 Agustus 2015

Camat Dukuhwaru : Jambore Pramuka Tumbuhkan Rasa Kebangsaan



DUKUHWARU - Pertemuan besar Pramuka Penggalang dalam bentuk Perkemahan Jambore tingkat Kwartir Ranting Kwarran Dukuhwaru digelar dilapangan Sepakbola Kecamatan Dukuhwaru. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini selaku Ketua Mabiran Pramuka Dukuhwaru, Kamis (20/8) lalu.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan puluhan balon hias oleh Ketua Mabiran disaksikan oleh Wakil Sekretaris Kwarcab Tegal, R Sopan Effendi S.Pd, Ketua Kwarran Dukuhwaru, Wasroh, S.Pd, Kepala UPTD Dikpora, Any Tristiyani S.Pd MM, Kapolsek Dukuhwaru, AKP Dwija Utama, Danramil Dukuhwaru, Peltu Tansah Widodo dan Ketua Mabigus se Kecamatan Dukuhwaru.

Menurut Noor Alina dalam sambutan pembukaan mengatakan jambore pramuka merupakan kegiatan rekreatif edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar penggalang sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri baik secara mental, fisik, intelektual, spiritual maupun sosial sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

"Jambore juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber - Bhineka Tunggal Ika, nasionalisme serta berupaya mewujudkan manusia indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan iptek dan berjiwa pancasila," tandasnya.

Dikatakan, jambore juga sarana memberikan kesempatan dan wadah bagi peserta didik yakni pramuka penggalang untuk mengaktualisasikan dirinya agar mempunyai sikap mental, kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan yang lebih positif. "Dalam kesempatan ini, saya juga berpesan agar anggota Pramuka untuk selalu mewarisi nilai-nilai dan semangat kepahlawanan, dimana pramuka merupakan kader tunas penerus bangsa," imbuhnya.

Ketua Kwarran Dukuhwaru, Wasroh S.Pd melalui Ketua Panitia Jamran, Tarjono S.Pd mengatakan jambore sebagai media berkegiatan bersama antar Pramuka Penggalang sekaligus sebagai sebagai upaya memberikan bekal ketrampilan dan pengetahuan pramuka penggalang. "Jamran sebagai media pembentukan watak dan pribadi sehingga menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa satria," katanya.

Dia menjelaskan, Jambore Ranting Dukuhwaru diikuti oleh 37 Gugusdepan (Gudep) SD/MI dan SMP/MTs se Kecamatan Dukuhwaru. Dimana setiap pangkalan Gudep mengirimkan 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri dengan komposisi masing - masing 10 orang.

"Jambore akan diikuti 28 pangkalan Gudep SD, 6 pangkalan Gudep MI dan 3 pangkalan Gudep SMP/MTs atau setara dengan 740 Pramuka Penggalang  dan 74 pembina pendamping se Kwarran Dukuhwaru," jelasnya

Ditambahkan, jambore yang mengusung tema "Gembira, Mandiri, Disiplin" digelar selama 3 hari yakni mulai Kamis (20/8) hingga Sabtu (22/8) diisi dengan ragam kegiatan yang bernuansa ketrampilan, pengetahuan, persaudaraan, permainan dan giat prestasi. “Jambore juga diisi dengan penyuluhan kenakalan remaja dari Polsek Dukuhwaru dan Koramil Dukuhwaru,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar