**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 03 Agustus 2013

Karya Bakti Lebaran 2013, Libatkan 170 Pramuka



SLAWI – Sedikitnya ratusan anggota Pramuka dari berbagai unsur Satuan Karya (SAKA), Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) dan Dewan Kerja bakal diperbantukan dalam gelaran Pengamanan Arus Mudik dan Balik lebaran tahun 2013. Hal tersebut terungkap saat Rapat Koordinasi Pengamanan Lebaran yang di gelar Kwartir Cabang Tegal dengan Jajaran Pimpinan Satuan Karya (SAKA) tingkat Cabang di Sanggar Pramuka, Slawi, Kamis (1/8) kemarin.

Rakor yang dipimpin Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono M.Kes.MMR dihadiri Pimpinan Kwarcab, Andalan Cabang Abdimas dan Humas, Perwakilan Saka Bhayangkara Polres Tegal, Saka Wirakartika Kodim 0712/Tegal, Dewan Kerja dan UBALOKA. 

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR mengatakan Kwartir Cabang setiap tahunnya selalu mengikutsertakan anggotanya (Pramuka) dalam kegiatan Karya Bakti Lebaran khususnya dalam pengamanan arus mudik dan balik.

Mereka terdiri dari berbagai potensi yakni anggota Satuan Karya (SAKA) yang ada, meliputi Saka Bhayangkara Polres Tegal, Saka Wirakartika Kodim 0712 Tegal, Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA), Dewan Kerja dan Kwartir Ranting (Kwarran).

“Jumlahnya sekitar 170 Pramuka, terdiri dari 100 anggota Saka Bhayangkara, 40 anggota Saka Wirakartika dan 30 orang dari DKC dan UBALOKA,“ katanya

Dikatakannya, untuk Kwartir Cabang sendiri akan dibentuk Posko Induk yang bertempat di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal yang berlokasi di Jl KH Agus Salim No 2 Kudaile, Slawi. Yang berfungsi mengkoordinasikan Personil Pramuka yang berada dilapangan / Pos Pam.

“Pos Induk akan diisi oleh Ubaloka dan DKC, dibawah koordinasi Bidang Abdimas dan Humas. Sedangkan Posko dibawah kendali Kwarran, agar koordinasi dengan Polsek setempat,” tandasnya.

Sekretaris Bidang Abdimas dan Humas, Teguh Herdi Sancoyo MPd didampingi andalan humas, Nurhasan menjelaskan anggota Pramuka dalam Pengamanan Lebaran hanya sifatnya membantu, yaitu dalam rangka Karya Bakti Lebaran sebagai bentuk kegiatan Pramuka Peduli dan Pengabdian Masyarakat (Abdimas).

“Pramuka bersifat membantu, kendali dilapangan tetap dibawah Polri,” terangnya.

Menurut Teguh, ada nilai lebih bagi Pramuka dalam Pengamanan Lebaran, yaitu Pramuka dapat membantu diluar Pos Pam terpadu dibawah Polres Tegal. Nilai lebih tersebut, seperti bantuan pengaturan lalu lintas pasar tumpah / Prepegan, Penjagaan perlintasan Rel Kereta tanpa palang pintu dan sebagainya.

“Diluar Pos Pam terpadu, Pramuka bisa membantu saat prepegan maupun dilokasi rel kereta tanpa palang pintu,” tegasnya.

Sementara, Pengurus Saka Bhayangkara Polres Tegal, AIPTU Aris Gunarso mengatakan, anggota Saka Bhayangkara akan diterjunkan mulai H-3 hingga H+7 dan ditempatkan untuk membantu pada titik – titik yang diperkirakan rawan macet.

“Dari 100 anggota Bhayangkara, akan kita bagi ke beberapa pos yakni pasar kemantran, Kramat 10 anggota, pasar Suradadi 10 anggota, Banjaran Permai (BP) 15 anggota, Komplek Ruko Slawi dan pasar Trayeman 15 anggota serta pasar Margasari 10 anggotanya,” urainya.

Selain itu, lanjut Aris, pada hari H hingga H+7 anggota Saka Bhayangkara juga akan dilibatkan dalam membantu pengamanan pada obyek wisata yang biasanya ramai dikunjungi saat lebaran.

“Jumlah personil yang diperbantukan yakni 15 orang di obyek wisata Guci dan 10 personil di purwahamba Indah (Pur-In), Suradadi. Sehingga total anggota ada 100 orang,” imbuhnya. (admin)

Baca juga di : http://tegalkab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar