**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 24 Juli 2011

Pramuka Masih Diperlukan Bangsa


BALAPULANG – Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana (Pramuka) masih diperlukan dan diharapkan bangsa Indonesia sebagai organisasi pendidikan untuk membina kaum muda Indonesia. Hal itu sejalan dengan diterbitkannya Undang – undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Pramuka saat ini masih diharapkan bangsa, sebagai satu – satunya organisasi pendidikan kepanduan untuk membina generasi muda kita,” tegas Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH MM saat pembinaan organisasi Kwartir Ranting Balapulang di Pendopo Kecamatan Balapulang, Sabtu (22/7).

Oleh karena itu, kata Muji, konsekuensi dari ditelorkan UU nomor 12 tahun 2010 tersebut, yaitu Gerakan Pramuka harus melakukan perbaikan metode dalam pola pembinaan. Selain itu, persoalan yang masih ada dalam Revitalisasi Pramuka, seperti kurangnya pelatih / pembina pramuka, kurangnya sarana prasarana dan kurangnya panduan buku – buku Kepramukaan harus segera diatasi.

Saat ini masih dibahas oleh Kwartir Nasional (Kwarnas), metode dan kurikulum pembinaan disesuaikan dengan UU Pramuka,”tambahnya.

Pemakaian Seragam Pramuka,

Salah satu Pengurus Kwarran Balapulang, Darsono berharap Kwartir Cabang dapat mengupayakan dan mengusulkan kepada Dinas/Instansi terkait, agar seragam Pramuka lengkap dapat digunakan 1 (satu) hari dalam satu minggu.

Untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan pada Pramuka, saya harap Kwarcab bisa mengusulkan agar Seragam Pramuka bisa dipakai kembali oleh Guru dan siswa seperti dulu,” pintanya yang disampaikan langsung di depan Ketua Kwarcab.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua Kwarcab Tegal menegaskan bahwa hal itu sudah menjadi rencana dan program Kwartir Cabang, termasuk upaya memberikan pemahaman tentang Pramuka kepada Para Majelis Pembimbing melalui Kursus Mabi. 


Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Kwarcab Tegal / Ketua tim penilai Lomba, Drs H Agus Subagyo, MM beserta anggota tim, Camat Balapulang / Ketua Mabiran, Suharinto, S.Sos, Kepala UPTD Dikpora Balapulang / Anggota Mabiran, Ruslani, S.Pd, Ketua Kwarran 11.28.14 Balapulang, Suharjo, S.Pd dan segenap Pengurus Kwarran Balapulang. (s@n/Hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar