**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 04 Maret 2011

Kontingen Jamnas Terbentuk


Slawi – Kontingen Jambore Nasional (Jamnas) 2011 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal, resmi terbentuk. Peresmian pembentukannya dilakukan di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal, Minggu (27/2). Pembentukan kontingen diikuti oleh 32 Pramuka Penggalang SD/MI dan SMP/MTs perutusan Kwartir Ranting se-Kwarcab 11.28 Tegal.
Sekretaris Binamuda Kwarcab 11.28 Tegal, Suharjo SPd mengatakan, JAMNAS 2011 akan berlangsung di Bumi Perkemahan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan yang diikuti Pramuka golongan Penggalang se-Indonesia itu akan berlangsung tanggal 2-9 Juli 2011 mendatang. 

“Kwarcab se-Indonesia wajib mengirimkan kontingen. Termasuk Kwarcab 11.28 Tegal, juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan pengirimkan kontingen pramuka Penggalang,” terangnya.

Menurut Suharjo, Kwartir Cabang 11.28 Tegal direncanakan mengirimkan 2 kontingen Putra dan Putri pada kegiatan Jambore Nasional tersebut. Dimana kontingen yang telah terbentuk nantinya akan dibagi menjadi 2 regu putra dan 2 regu putri. 

“Setiap regu akan diisi oleh 8 orang Pramuka Penggalang,” jelasnya.

Terkait persiapan, kata Suharjo, kontingen akan diberikan pembekalan oleh Tim Pelatih dari Pusdiklat Cabang dan Pengurus Kwarcab yang membidangi. “Latihan perdana akan dimulai pada 20 Maret mendatang,” pungkasnya. 

Terpisah, Sekretaris Kwarcab 11.28 Tegal, Prawoto SY mengatakan, pengiriman kontingen Pramuka Kwarcab 11.28 untuk mengikuti kegiatan berskala nasional, seperti halnya Jamnas, bukan hanya baru ini. Sebelumnya, Kwarcab 11.28 juga sudah berulangkali mengirimkan perutusan.

"Terakhir pada bulan November 2010 lalu, kita juga mengirimkan utusan Pramuka Penegak/Pandega untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Wira Karya Nasional di Aceh. Khusus untuk Jamnas, dalam setiap pelaksanaannya Kwarcab 11.28 selalu berpartisipasi mengirimkan perutusan," terangnya. 

Terkait dana penyelenggaraan kegiatan, diungkapkan Prawoto, mengacu pada aturan dalam Gerakan Pramuka.

"Untuk dana, kita mengacu pada AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, red), yakni diambilkan dari sumber-sumber yang sah, termasuk partisipasi," ungkapnya.

Diharapkan pada event Jamnas nanti, kontingen Kwarcab 11.28 Tegal dapat membawa nama baik Kabupaten Tegal. 

"Yang terpenting adalah menjaga nama baik Kabupaten Tegal. Untuk prestasi, kami tidak menargetkan  karena ajang Jamnas ini adalah pestanya Pramuka Penggalang," pungkasnya. (gon)

Sumber : Radar Tegal, 28 Februari 2011

1 komentar:

ScoutAddict mengatakan...

Semangat Pramuka !
Kedai Pramuka Scout Addict mengucapkan terima kasih kepada kakak admin blog Kwarcab tegal yang telah memasang link blog kami. kami juga telah memasang blog kakak.

kami menyediakan berbagai macam atribut kepramukaan, semoga dapat bekerjasama

Salam,
http://scoutaddictindo.blogspot.com/

Posting Komentar