**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 17 Oktober 2016

BLH Sosialisasi Saka Kalpataru dan Praktek Pertamanan



SLAWI - Derap langkah Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kalpataru Kwarcab Tegal binaan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal terus maju dan berkembang. Pasca pelantikan Mabisaka Kalpataru di Buper Martoloyo tahun 2014 silam dan pelantikan Pinsaka Kalpataru di WKJ Kalibakung tahun 2015, terus dilakukan sosialisasi tingkat Cabang dan di pangkalan Gugus Depan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal, Drs Agus Subagyo,MM mengatakan, kegiatan ini implementasi Saka Kalpataru sebagai wahana Pramuka Penegak dan Pandega untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kepemimpinan guna menjaga, mengawal dan mengelola lingkungan hidup yang lestari dan berkelanjutan.

“Sosialisasi Saka Kalpataru terus kita lakukan kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Tegal. Yang terakhir, pada Sabtu (15/10) kemarin, BLH melakukan sosialisasi kepada 25 pangkalan Gugusdepan (Gudep) SLTA,” ujarnya kemarin.

Menurut Agus yang juga selaku Ketua Mabisaka Kalpataru, materi utama sosialisasi mencakup 3 Krida, yakni pertama, Krida 3 R (reduce, reuse, recycle) meliputi SKK Komposting, SKK Daur Ulang dan SKK Bank Sampah. Kedua, Krida Perubahan Iklim meliputi SKK Konservasi dan Hemat Air, SKK Hemat Energi Listrik, SKK Transportasi Hijau, dan Ketiga, Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati meliputi SKK Pelestarian Sumberdaya Genetik, SKK Pelestari Ekosistem dan SKK Jasa Lingkungan.

“Dalam kesempatan itu, peserta juga diberikan materi praktek pembuatan taman dan model tanaman vertikultur, “ imbuhnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar