**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 04 Mei 2015

Puluhan Gudep Sekolah Adu Ketrampilan Pramuka

SLAWI - Lomba Antar Pramuka Penggalang SMP/MTs di Kabupaten Tegal digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, Minggu (3/5) akhir pekan lalu. Kegiatan yang diikuti puluhan regu penggalang itu, melombakan dua jenis keterampilan, yakni Pionering (teknik tali temali) yang biasa diajarkan di Pramuka dan Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP).

Lomba tersebut mendapat respons positif dari sekolah-sekolah dan semakin meriah, ketika sejumlah penggalang turut meramaikan acara, dengan memberikan dukungan kepada regu yang berlomba. Dalam ajang Pionering, setiap regu yang terdiri dari 3 peserta harus membuat ketrampilan berupa kreasi bangunan yang mempunyai fungsi dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan tongkat pramuka.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Orgakum, Drs Agus Subagyo MM mengatakan, Lomba Pionering ini dimaksudkan untuk melatih peserta didik yakni Pramuka Penggalang dalam membuat ketrampilan dengan media tongkat dan tali pramuka. Dimana bangunan yang dibuat diharuskan memiliki fungsi kegunaan bagi kehidupan seperti jemuran, meja makan, rak sepatu atau sejenisnya.

“Setiap regu diminta membuat kreasi bangunan dari tongkat pramuka yang diikat dengan sistem tali temali dan ada berguna dalam kehidupan sehari-hari. Untuk unjuk kemampuan pioneering, peserta mendapat jatah waktu 2 jam atau 120 menit dan proses pembuatan dilakukan serentak,” bebernya

Selain itu, Lomba juga untuk memberikan pembelajaran dan melatih ketrampilan hidup (life skile) anggota Pramuka sesuai dengan tujuan dari Gerakan Pramuka. “Selain Pionering, ada juga LCTP yang mengasah kemampuan siswa dalam pengetahuan baik pramuka maupun umum. Lomba ini juga merupakan bagian dari pembentukan karakter siswa melalui kepramukaan,” ungkapnya

Sementara itu, Humas Kwarcab Tegal, Nurhasan menjelaskan, sesuai dengan penilaian tim juri dari pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka pionering untuk kategori putra, juara 1 diraih SMP N 2 Adiwerna dengan Skor 158, Juara 2 diraih SMP N 1 Talang dengan skor 150 dan juara 3 diraih MTs Filial Al Iman Adiwerna dengan nilai 148.

“Untuk Pionering kategori putri Juara 1 diraih SMP N 2 Adiwerna dengan nilai 168, Juara 2 SMP N 3 Adiwerna dengan nilai 162 dan juara 3 ditempati MTs Filial Al Iman Adiwerna dengan nilai 159,” paparnya.

Sedangkan untuk LCTP, kategori putra Juara 1 diraih SMP N 2 Adiwerna dengan skor 1500, Juara 2 SMP N 1 Adiwerna dengan skor 1300 dan Juara 3 SMP IT Lukman Al Hakim Slawi dengan nilai 800. Untuk LCTP kategori putri, Juara 1 diraih SMP N 1 Slawi dengan skor 1300, Juara 2 SMP IT Lukman Al Hakim Slawi dengan skor 1000 dan Juara 3 SMP N 1 Adiwerna dengan nilai 900.

”Kepada para juara diberikan Tropi kejuaraan dan piagam penghargaan. Dan semua peserta juga mendapat piagam kegiatan,” pungkasnya. (Humas/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar