**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Sabtu, 23 Mei 2015

Pasukan Khusus Pramuka Diminta Jadi Pelopor PSN

SLAWI – Setelah membentuk Pasukan khusus Pemburu Jentik di Saka Bakti Husada Binaan Puskesmas Jatinegara beberapa waktu lalu, kali ini Kwarcab Gerakan Pramuka Tegal kembali melauching pasukan khusus untuk membantu pemberantasan penyakit Demam Berdarah (DB) di Lima Kwartir Ranting (Kwarran) yakni Kecamatan Dukuhwaru, Jatinegara, Adiwerna, Slawi dan Pangkah.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR mengatakan pasukan khusus yang diberi nama Pramuka Peduli Pasukan Pemburu Jentik diharapkan dapat berperan sebagai pelopor dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Pasukan khusus ini kita sebar dibeberapa Kwarran. Mereka membawa misi Kwartir Cabang Tegal yakni menjadi pelopor dalam pemberantasan sarang Nyamuk (PSN),” katanya saat penyerahan rompi pasukan pemburu jentik Jum’at, (22/5) lalu di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal.

Dikatakan, sebagai pelopor, anggota pramuka diminta tidak hanya ikut-ikutan saja, tetapi harus tahu tugasnya saat eksen dilapangan. Yakni antara lain mengajak masyarakat dan anak-anak sekolah untuk memburu jentik di genangan-genangan air bersih di mana pun berada seperti bak mandi sekolah, tempat minuman burung, ember, tempat pot bekas dan lain-lain.

”Tugas pasukan tersebut antara lain yakni mengamati dan membersihkan tempat-tempat genangan air bersih, mengubur kaleng-kaleng, ember-ember bekas, menutup tempat penyimpanan air bersih. Terimakasih kepada jajaran Kwarran atas partisipasinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Kwarcab Tegal, Iman menambahkan, pada tahap awal personil pasukan khusus pemburu jentik berjumlah 25 orang yang tersebar di lima Kwartir Ranting. “Setiap Kwarran terdiri dari 5 orang. Pasukan telah dibekali identitas oleh Kwartir Cabang berupa rompi yang digunakan saat bertugas dilapangan,” terangnya.

Menurutnya, pasukan pemburu jentik yang ada akan membantu dan dibawah koordinasi puskesmas diwilayah kerjanya dalam aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang mewabah di masyarakat.

“Mudah-mudahan peran serta Pramuka dalam aksi peduli pemburu jentik ini dapat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” pungkasnya. (Admin/s@n) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar