**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 28 Mei 2015

Pemkab Tegal Sosialisasikan UU Gerakan Pramuka dan UU Kepemudaan

SLAWI – Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Bagian Kemasyarakatan Setda menggelar Sosialisasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Rabu (27/5) di Aula SMK Negeri 1 Slawi.

Sosialisasi diikuti ratusan peserta dari unsur Kwarcab Pramuka Tegal dan Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Kabupaten Tegal antara lain KNPI, GP Ansor, Pemuda Muhamadiyah, IPNU dan IPPNU.

Kabag Kemasyarakatan Setda Pemkab Tegal, Masduki S.Sos menjelaskan, Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang utuh tentang Undang-Undang Gerakan Pramuka dan Undang-Undang Kepemudaan.

“Sosialisasi diikuti peserta sebanyak 200 orang yang berasal dari unsur Pramuka Kwarcab Tegal, KNPI, Karang Taruna, GP Ansor dan OKP lainnya. Dengan rincian Kwarcab Pramuka 50 orang, Karang Taruna 30 orang, KNPI 20 orang, GP Ansor 25 orang, Pemuda Muhamadiyah 25 orang, IPNU 25 orang dan IPPNU 25 orang,” bebernya.

Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda, Drs Hasan Munawar MM yang mewakili Bupati Tegal, Enthus Susmono saat membuka acara mengatakan pembinaan kader bangsa sejak dini perlu untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin bangsa. Karena dalam era globalisasi seperti sekarang ini banyak pengaruh luar yang belum tentu cocok bagi penduduk Indonesia.

"Utamanya bagi masyarakat yang minim pengetahuannya, maka diperlukan komitmen yang kuat sebagaimana isi Proklamasi tahun 1945," ujar Hasan

Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat untuk menciptakan pemuda - pemuda yang berkarakter, berjiwa besar, inovatif, kreatif, dan berguna bagi bangsa dan Negara. "Kami berharap agar para pemuda memiliki tanggung jawab besar terhadap bangsa dan Negara sehingga mampu menghadapi segala permasalahan yang ada," imbuhnya.

Dia mengingatkan, para pemuda untuk mewaspadai masuknya orang asing dan keberadaan ISIS di Kabupaten Tegal. “Dalam kesempatan ini, saya juga perlu mengingatkan kepada masyarakat dan para pemuda untuk selalu waspada baik kepada orang asing yang masuk ke Kab. Tegal maupun adanya ISIS. Jangan karena diiming-imingi jabatan, masyarakat jadi tergiur dengan ISIS,” pesannya.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Tri Wiharjo, SH tersebut disampaikan beberapa materi oleh para narasumber antara lain Peran Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda oleh Perwira Kodim 0712 / Tegal, Kapten Shokib Setiyadi, Peran OKP Kepemudaan dalam Dinamika Sosial dan Pembangunan oleh Dosen FISIP Undip Semarang, Moh.Yulianto S.Sos M.Si, Desiminasi UU Kepemudaan dan Implementasi UU Gerakan Pramuka terhadap pendidikan kepramukaan dan karakter bangsa oleh Ketua Pusdiklat Kwarda Pramuka Jawa Tengah, Dr Martitah MHum yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. (Humas/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar