**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 08 Agustus 2014

LOGO ETK KWARDA JATENG 2014

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka (HUT ke-53 Gerakan Pramuka), Kwartir Daerah Jawa Tengah, menyelenggarakan beberapa kegiatan, yang salah satunya adalah kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK). Pada ETK tahun 2014 yang diberangkatkan dari 14 titik start di Kwarcab se-Jawa Tengah dan berakhir di Kwarcab Kebumen (tempat diselenggarakannya Upacara Peringatan Hari Pramuka -53 Gerakan Pramuka tingkat Jawa Tengah) ini, selain cikal / tunas kelapa, juga dikirabkan Liwa "YUANA REKSA BHADRA PRAMUDHITA".
 
Kata "Liwa" berarti bendera, pataka, dwaja, tunggul, panji-panji, atau umbul-umbul. "YUANA REKSA BHADRA PRAMUDHITA" adalah amsal kegiatan ETK yang mengandung makna Pemuda Perawat Keselamatan Alam Semesta.

ARTI MASING – MASING GAMBAR pada LOGO ETK :
1. Kegiatan Estafet Tunas Kelapa dilandasi Pancasila ,Tri Satya dan Kesucian hati guna mendukung terwujudnya kejayaan Indonesia dalam suasana persaudaraan dan kekeluargaan kepramukaan.
2. Tanda panah berjumlah 5 (lima) buah bermakna : Pancasila. Atau dapat diartikan sebagai Anggota Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan Pembina.
3. Tanda panah berjumlah 3 (tiga) buah bermakna : Tri Satya. Atau dapat diartikan Semangat Anggota Pramuka untuk mendukung kejayaan Indonesia melaluii Estafet Tunas Kelapa dalam menyongsong Hari Pramuka.
4. Warna putih dalam lingkaran kna kesucian hati anggopta Pramuka.
5. Tulisan Estafet Tunas Kelapa bermakna : Penyelenggaraan kegiatan Estafet Tunas Kelapa.
6. Logo Tunas Kelapa dan tulisan Kwartir Daerah Jawa Tengah bermakna : Estafet Tunas Kelapa diselengarakan tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah.
7. Tanda panah yang menukik ke bawah dan melayang keatas bermakna : kelincahan anggota pramuka beradaptasi dengan lingkungan alam sekitar .
8. Lingkaran warna coklat tua dan muda menggambarkan : Semangat kekeluargaan kepramukaan
9. Gambar pita melengkung ke atas, melambangkan gambar bibir tersenyum, yang mengandung makna bahwa kegiatan ETK pada khususnya dan kegiatan Pramuka pada umumnya selalu dilakukan dengan senyum dan riang gembira
10. Tulisan Yuana “Reksa Bhadra Pramudhita” memiliki arti “Pemuda Perawat Keselamatan Alam Semesta”. 
Sumber : Copas Kak Dawud Budiyatno Pramuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar