**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 15 Agustus 2014

Gudep SMP 2 Slawi Gelar Upacara Hari Pramuka ke - 52

SLAWI - Memperingati Hari Pramuka ke - 53 tahun 2014, Gugus depan Pangkalan SMP Negeri 2 Slawi menggelar upacara bendera secara sederhana dipelataran sekolah setempat, Kamis (14/8) kemarin. Upacara diikuti seluruh dewan guru dan para siswa dengan mengenakan seragam Pramuka lengkap. Bertindak sebagai Pembina Upacara yakni Kepala SMP Negeri 2 Slawi, Budiono S.Pd selaku Ketua Mabigus.

Dalam sambutannya Budiono yang membacakan Sambutan tertulis Ketua Kwarnas Pramuka, Dr Adyaksa Dault mengatakan, dalam kurun waktu satu dasawarsa tercatat tiga moment penting dalam perkembangan Gerakan Pramuka yakni pencanangan revitalisasi Gerakan Pramuka oleh Presiden RI pada tahun 2006 yang menunjukan semakin maraknya kegiatan Kepramukaan di berbagai daerah.

"Kedua yakni terbitnya UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang memperkuat legalitas Pramuka di negeri ini. Dengan adanya UU Pramuka, maka pelaksanaan pendidikan Kepramukaan pada saat ini tidak lagi hanya mengisi masa senggang kaum muda dengan pelbagai kegiatan positif, akan tetapi lebih dari itu meningkat menjadi kewajiban setiap warga negara untuk mengimplementasikannya," tegasnya.

Budiono melanjutkan, moment ketiga yakni masuknya pendidikan Kepramukaan ke dalam kurikulum 2013 sebagai esktrakurikuler wajib yang mulai diberlakukan pada bulan Juli 2014 ini. "Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak - anak dalam keluarga, dan pendidikan formal disekolah. Ini mengingat, pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter," tukasnya.

Menurut Budiono, persoalan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah, maka menjadi penting peranan Gerakan Pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang terjadi. "Kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan formal, non formal dan pendidikan informal dalam keluarga sangatlah penting dan menjadi keharusan," pungkasnya.

Tema peringatan Hari Pramuka ke - 53 adalah Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugusdepan Terakreditasi. Tema ini menyatakan komitmen yang sangat tinggi dari Gerakan Pramuka dalam pembentukan karakter bangsa yang lebih baik. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar