**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 02 Januari 2012

Kwarran Rawalumbu Kunjungi Kwarcab Tegal

SLAWI - Dalam rangka melatih kepemimpinan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega (DKR) dan untuk mengetahui perkembangan kepramukaan di Kabupaten Tegal, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Rawalumbu, Kota Bekasi mengunjungi Kwarcab 11.28 Tegal.  Kegiatan yang dikemas dalam kegiatan Safari Camp tersebut diikuti oleh 17 orang Pengurus / Andalan Kwarran dan DKR. Rombongan diterima Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY didampingi Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab, Nurkhasan dan Pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) Tegal, di Pendopo Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal, Selasa (3/1) kemarin.
Pengurus Kwarran Rawalumbu, Chandra Sanjaya mengatakan safari camp merupakan program kerja Kwarran Rawalumbu yang sudah berjalan sejak tahun 2005 lalu. Kegiatan ini, dimaksudkan dalam rangka mengetahui perkembangan kegiatan Kepramukaan di tempat tujuan sebagai sarana sharing dan mencari masukan untuk kemajuan di wilayah Kwarran Rawalumbu, Kota Bekasi.

"Selain bersilaturahim, kegiatan juga untuk melatih kepemimpinan adik - adik DKR," jelasnya.

Selain mengunjungi Kwarcab, lanjut Chandra, rombongan juga direncanakan akan mengunjungi Polair Tegal dan home industri yang ada di Kabupaten Tegal, diantaranya kerajinan logam dan lainnya. Selanjutnya rombongan juga akan bertandang ke Sleman dan Kota Solo.

"Tegal menjadi inspirasi kami, untuk maju dan berkembang. Kekurangan yang ada di Kwarran Rawalumbu akan kita tutup dengan pengalaman yang kita peroleh ini" tandas andalan yang membidang prodik ini.

Salah satunya, imbuh Chandra, pada tahun 2005 Kwarran Rawalumbu mengunjungi home industri pembuatan Shuttlecock di desa Kepandean Dukuhturi. Disana kami belajar bagaimana cara membuat Shuttlecock kemudian pemasaraannya.

"Dari hasil belajar tersebut, kami kembangkan di Rawalumbu. Alhamdulillah bisa menghasilkan income yang dapat menopang kegiatan Kwarran," tukasnya.

Sementara Sekretaris Kwarcab 11.28 Tegal, Prawoto SY dalam sambutannya menyambut baik kedatangan rombongan dari Kwarran Rawalumbu, Kota Bekasi. Dirinya  mengaku salut dan bangga atas apa yang dilakukan oleh Kwarran Rawalumbu melakukan safari berkunjung ke Kwarcab atau daerah lain.

"Kami tertarik dengan kegiatan ini, di Kwarcab Tegal belum pernah ada. Ini bisa menjadi masukan bagi kegiatan DKC," ungkapnya.

Menurut Prawoto, upaya berkunjung ke tempat dan home industri sebagaimana dilakukan Kwarran Rawalumbu juga sangat menarik dan bisa menjadi masukan bagi Kwarcab Tegal. Terlebih di Kwarran Rawalumbu, upaya tersebut telah mampu membuka usaha yang dapat menghasilkan income bagi pendanaan Kwartir Ranting (Kwarran).

"Sangat menarik bagi kami, pengalaman yang diperoleh Kwarran Rawalumbu mampu membuka usaha produktif. Bukan berapa uang yang didapat, tapi pembelajaran tentang wirausaha inilah yang penting bagi Pramuka," tegasnya.

Prawoto berharap, pengalaman dan kegiatan yang dirintis Kwarran Rawalumbu bisa dilakukan oleh Kwarcab 11.28 Tegal, sehingga mampu merintis unit usaha yang dapat memberikan income bagi Kwarcab. Sehingga pendanaan Kwarcab tidak hanya bergantung dari bantuan Pemkab melalui APBD II.

"Mudah-mudahan, kedepan Kwarcab Tegal mampu merintis usaha seperti Kwarran Rawalumbu. Sehingga mampu menopang kegiatan Kwarcab dan tidak hanya bergantung pada bantuan APBDdan iuran anggota," pungkasnya. (Hasan/Hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar