**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 08 Januari 2012

Kwarran Balapulang Gelar Pelatihan Kesekretariatan


Balapulang – Dalam rangka membekali Pembina Gugusdepan (Gudep) dalam pengelolaan administrasi dalam Gerakan Pramuka, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 11.28.14 Balapulang menggelar Pelatihan Kesekretariatan selama satu hari. Kegiatan yang diikuti Pembina Gudep SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se Kwarran Balapulang dipusatkan di Sanggar Bakti Pramuka Kwarran 11.28.14 Balapulang  Minggu (8/1).
Pelatihan dibuka resmi oleh Ketua Kwarti Ranting (Kwarran) 11.28.14 Balapulang Suharjo S.Pd. Dalam sambutannya Suharjo berpesan bahwa setelah mengikuti kegiatan pelatihan, diharapkan Pembina di masing – masing Gugusdepan wajib melaksanakan administrasi Pramuka dengan baik.

“Dengan pelatihan ini, saya harap administrasi dipangkalan Gudep menjadi tertata dan lebih baik,” katanya.

Apalagi, lanjut Suharjo, Kegiatan Kepramukaan di bebarapa sekolah menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan oleh masing – masing gugus depan.

“Meskipun Pramuka bersifat sukarela, namun dalam rangka pendidikan karakter beberapa pangkalan sekolah pramuka menjadi kegiatan yang wajib dilaksanakan,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelatihan, M. Ali Saputra mengatakan, pelatihan kesekretarian bertujuan untuk memberikan bekal ketrampilan praktis cara menata administrasi Gugusdepan (Gudep) sesuai dengan fungsi – fungsi pokok dalam menentukan batas – batas ruang lingkup tugas dan wewenang.

“Pelatihan diikuti oleh 16 Pembina Gudep se Kwarran 11.28.14 Balapulang,” terangnya.

Dalam pelatihan ini, tambah Ali, peserta diberikan berbagai materi oleh narasumber yang memiliki kompetensi dibidangnya. Materi tersebut antara lain : Peran Ketua Gudep dalam menjalankan roda kepengurusan Gugusdepan (Gudep) dan Kepemimpinan oleh Kak Suharjo S.Pd selaku ketua kwarran Balapulang dan ka Nurhayati S.Pd selaku ketua Bidang Binawasa. Sistem Administrasi gudep oleh ka Muali Saputra selaku Sekretaris Kwarran Balapulang, Teknik pengolahan Gudep oleh Ka. Agus Supriyanto,S.Pd. selaku ketua Bidang Binamuda.
“Narasumber berasal dari pengurus Kwarran sesuai dengan kompetensinya masing-masing,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan hasil penilaian Administrasi Gudep masa penilaian tahun 2010 yaitu untuk Gudep yang berpangkalan di SMP/MTs Tergiat I nilai 1800 diraih SMPN 1 Balapulang, Tergiat II nilai 1230 diraih MTs Ikhsyaniyah Balapulang dan Tergiat III nilai 1064 disabet SMPN 2 Balapulang.

Sedangkan untuk Gudep yang berpangkalan di SMA/MA/SMK, yaitu Tergiat I Nilai 2332 diraih MA Al Ittihad Balapulang, Tergiat II Nilai 1970 disabet SMAN 1 Balapulang dan Tergiat III Nilai 1562 digondol SMK Darussalam Kalibakung. (Ali/s@n/Hms).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar