**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 08 Januari 2012

49 Penegak Ikuti PMDA


Slawi – Sebanyak Pramuka Penegak Pangkalan Gugugsdepan (Gudep) SMA Negeri 1 Slawi mengikuti  kegiatan Penguasaan Medan Darat dan Air (PMDA).  Kegiatan yang dipusatkan di Bantaran Sungai kaligung, Desa Dukuhsalam, Slawi tersebut dihelat Minggu, (8/1) kemarin.
Pembina Gugusdepan (Gudep) SMA N 1 Slawi, Nenny Dwi Agustini, SH menjelaskan PMDA merupakan kegiatan rutin dari Pramuka SMA N 1 Slawi yang harus diikuti oleh Penegak SMA N 1 Slawi  sebagai syarat menjadi anggota Penegak Bantara.

“PMDA ini untuk melatih ketahanan mental Penegak,” terangnya.

Selain itu, kata Neny, PMDA juga bertujuan untuk melatih setiap anggota pramuka agar selalu siap siaga dalam penanggulangan bencana serta memiliki ketrampilan yang mumpuni dalam hal penguasaan medan baik di darat dan air.

“Kegiatan ini juga untuk melatih kesiapan penegak dalam penanggulangan bencana, sehingga siap terjun ke masyarakat” tegasnya yang juga menjabat Pengurus Kwarcab Tegal

Peserta PMDA diberikan materi antara lain Sistem Komunikasi SAR, Mountain/Vertical Rescue, Pertolongan Pertama (PP) & Evakuasi Korban dan Simulasi Penanggulangan bencana banjir bandang. Kegiatan yang disajikan dalam bentuk teori dan praktek langsung yang dipandu langsung oleh Galawi Rescue.

“Semoga anggota Pramuka SMA  1 Slawi benar – benar dapat menguasai medan darat dan air, sehingga punya bekal untuk siap terjun ke masyarakat,” ungkap Ketua Galawi Rescue Djuliono, S.Sos melalui Kasi Kesiapsiagaan, Tri Winarno kemarin. (s@n/rahmat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar