**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 07 Agustus 2011

Kwarran Jatinegara dan slawi

Gelar Jamran Usai Lebaran
SLAWI – Dalam rangka memperingati HUT Emas, 50 tahun Gerakan Pramuka tahun 2011, berbagai kegiatan digelar oleh jajaran Gerakan Pramuka disemua tingkatan. Tidak terkecuali Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 11.28.08 Slawi dan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 11.28.13 Jatinegara yang berencana menggelar kegiatan Jambore Ranting (Jamran).

Rencananya kegiatan Jambore Penggalang tersebut bakal digelar usai lebaran Idul Fitri, mengingat momentum HUT Pramuka yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus 2011 bertepatan dengan bulan suci Ramadan.
Seperti yang diungkapkan Ketua Kwarran 11.28.13 Jatinegara, Kadar Tri Mulyono, SPd saat menerima tim penilai lomba kwartir ranting tergiat 2011 di Kantor UPTD Dikpora setempat, Sabtu (6/8) kemarin.  “Jambore Ranting (Jamran) Jatinegara rencananya akan dilaksanakan bulan September mendatang. Mengingat bulan Agustus masih dalam suasana puasa Ramadan,” terangnya.
Jambore ini, kata Kadar, selain untuk memeriahkan HUT Pramuka ke 50, juga dalam rangka persiapan untuk keikutsertaan Kwarran Jatinegara pada kegiatan Lomba Tingkat III (LT-III) tingkat Kwarcab Tegal bulan Oktober mendatang. 

“Kwarran Jatinegara juga siap mengirim kontingen LT-III Oktober mendatang,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Kwarran 11.28.08 Slawi, Ahmad Dimyati, SPd mengatakan, pada peringatan HUT Emas Pramuka tahun 2011, Kwarran Slawi akan menggelar berbagai kegiatan antara lain Jambore Ranting (Jamran), Lomba Tingkat (LT) dan Kursus Mahir Pembina Pramuka tingkat Dasar (KMD).

“Jamran akan diikuti oleh Penggalang SD / MI, dan Lomba Tingkat (LT) untuk penggalang SMP / MTs,” katanya.

Kegiatan tersebut, imbuh Dimyati, akan dilaksanakan usai lebaran yaitu pada akhir bulan September. Sehingga persiapan panitia akan lebih matang dan maksimal.

“Mengingat Agustus ini masih dalam suasana puasa Ramadan, maka kegiatan akan digelar usai lebaran nanti,” imbuhnya.

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo MM dalam pembinaannya memberikan kiat– kiat guna memajukan organisasi Pramuka, yaitu  Pengurus Kwartir Ranting perlu menerapkan ‘Empat Sehat Lima Sempurna’.

Yang Pertama yaitu sehat niat, yaitu tindakan maupun kegiatan kita harus dilandasi niat yang ikhlas, sehingga akan bernilai ibadah. Yang kedua, sehat aktifitas yaitu kegiatan maupun program harus dijaga dengan benar. 

“Kegiatan yang ada perlu dilandasi aktifitas hati / qolbu, maupun akal,” tandasnya.

Sehat yang ketiga, yaitu sehat administrasi dan manajemen. Sebagai organisasi yang modern, Gerakan Pramuka tidak boleh meninggalkan administrasi dan manajemen. Sehat yang keempat, yaitu sehat jasmani dan rohani.

“Sebagai penyempurna yaitu sehat menjaga do'a dan sholawat, sehingga segala kegiatan kita akan mendapat ridlo dari Allah SWT,” pungkasnya. (s@n/hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar