**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 11 April 2011

Pelantikan Bantara, Pramuka Diterjunkan Ke Pasar


Lebaksiu – Sebanyak 35 Pramuka Penegak Bantara Gugus Depan (Gudep) Pangkalan SMA Negeri 02 Slawi diterjunkan ke pasar tradisional. Penerjunan itu dimaksudkan untuk melatih jiwa sosial, kemandirian dan wirausaha Pramuka Bantara. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Kenaikan tingkat Pramuka Penegak Bantara itu dipusatkan dipasar tradisional Lebaksiu, Minggu (10/4). 
“Kegiatan ini untuk menanamkan jiwa sosial dan wirausaha kepada anggota Pramuka,” terang Ketua Panitia, Bangkit Arif Hutomo.

Menurut Bangkit, penerjunan ke pasar tersebut juga merupakan pengamalan dan sekaligus praktek lapangan bagi Calon Penegak untuk menjadi Pramuka Bantara.

“Ini juga sejalan dengan progran Pramuka Peduli, yang diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya pedagang,” katanya.

Selain kegiatan praktek lapangan, peserta juga diberikan kegiatan Uji Syarat Kecakapan Umum (SKU), Out Bond dan Long March / perjalanan jauh dan bersih desa Yamansari.

“Peserta melakukan Longmarch Sabtu (9/4) dari Sekolah (SMA) sampai di lokasi Buper Desa Yamansari. Peserta juga melakukan bersih lingkungan di Desa Yamansari,” imbuh Bangkit.

Sementara Pembina Gudep SMA N 02 Slawi, Nurhadi, S.Pd mengatakan kegiatan pelantikan Bantara bertujuan untuk menumbuhkan kedisiplinan, ketrampilan dan meningkatkan kerjasama diantara sesama Pramuka Penegak.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan akan tumbuh sikap disiplin dan mandiri,” urainya. (s@n).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar