**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 21 April 2011

Humas Dapat Tingkatkan Citra Pramuka

SLAWI – Setiap anggota Pramuka hendaknya memiliki kemampuan untuk mengenali dan mengembangkan potensi dalam dirinya. Salah satu potensi yang ada diantaranya adalah dalam dunia tulis menulis. Jurnalistik sebagai bagian dari dunia tulis menulis, memberi kesempatan luas kepada anggota Pramuka untuk meningkatkan skills mereka, khususnya dalam penulisan berita / realese.

”Salah satu upaya bidang Humas Kwarcab 11.28 Tegal dalam rangka mengembangkan skills anggota Pramuka dalam dunia jurnalistik/kepenulisan adalah melalui Pelatihan Dasar Jurnalistik ini,” terang Nurkhasan, Humas Kwarcab 11.28 Tegal disela Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi Pramuka Penegak di Sanggar Pramuka Slawi, Minggu (17/4) kemarin.

Menurut Khasan, lebih kurang 200 Pramuka Penegak se Kwartir Cabang 11.28 Tegal digembleng Dasar – dasar Jurnalistik yang digelar di sela kegiatan LCTP Penegak.

”Dengan Pelatihan ini diharapkan akan memunculkan anggota Pramuka Penegak yang memiliki kemampuan di dalam menulis berita secara handal dan berperan sebagai humas Pramuka untuk mengekspose aktualisasi beragam bentuk dan jenis kegiatan- kegiatan kepramukaan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan citra positif Gerakan Pramuka di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Pemateri Imam Teguh Supriyono menjelaskan, dalam menulis berita, seorang wartawan harus mengacu pada karakteristik utama berita, yaitu berita layak muat atau sedang menjadi perbincangan khalayak umum serta memenuhi unsur berita 5W + 1H.

”Unsur tersebut yaitu What, Where, When, Who, Why dan How,” jelasnya.

Selain itu, kata Teguh, berita yang baik dan lengkap yaitu berita yang tidak membuat pembaca bertanya – tanya.

”Jangan sampai sebuah berita, justru membuat pembaca bertanya,” pungkasnya. (Humas Kwarcab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar