**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 26 Desember 2016

Wakil Bupati Buka Raimuna Cabang VIII



BOJONG – Wakil Bupati, Dra Umi Azizah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Raimuna ini sebagai wahana untuk mengembangkan potensi dan jati diri pramuka penegak dan pramuka pandega lebih mampu dalam berkarya disamping memiliki akhlak yang mulia dan memiliki kecakapan hidup.

Hal itu diungkapkan Wabup saat membuka kegiatan Raimuna Cabang VIII Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, Sabtu (24/12) di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih, Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Kwarcab Tegal, dr Widodo Joko Mulyono,MKes,MM, Pengurus Kwarcab, Ketua DKC Tegal, Septi Kusuma P, Kades Suniarsih dan sejumlah Pembina Pendamping.

Umi yang juga Ketua Harian Mabicab Pramuka berharap, melalui kegiatan Raimuna peran dan sumbangsih gerakan pramuka dalam membangun tunas-tunas muda agar memiliki watak, kepribadian, karakter, dan jati diri sebagai generasi muda yang tangguh semakin meningkat.

“Sebagai garda terdepan gerakan perubahan, gerakan pramuka harus menjadi teladan bagi perubahan mental. Gerakan pramuka harus menjadi pelopor perwujudan nilai-nilai integritas, nilai-nilai kesantunan, dan nilai-nilai tata karma,” tegas Umi

Menurut Umi, bagi generasi muda yang tumbuh di era komunikasi modern seringkali lupa akan nilai-nilai sopan santun, nilai-nilai budaya saling menghargai dan menghormati. Padahal itu adalah modal utama dalam menjaga kerukunan sosial, mencegah terjadinya tawuran antar siswa, dan bentuk-bentuk kekerasan lainnya di kalangan pelajar.

“Lewat gerakan pramuka, ayo kita kembangkan semangat gotong royong, lakukan perubahan mulai dari lingkungan terdekat adikadik sekalian. Ajak teman-teman, para sahabat yang lain untuk bergabung dalam gerakan perubahan ini. Buktikan bahwa perubahan itu nyata dan bisa dilakukan, bisa dilakukan oleh siapa saja, oleh setiap anak bangsa,” ajaknya

Umi juga berpesan pasca kegiatan perkemahan setidaknya anggota Pramuka telah memiliki tambahan bekal dan komitmen kepanduan serta siap menjadi contoh yang baik, minimal contoh baik di lingkungan sekolah dimana adik-adik belajar. Apa saja contoh baik yang bisa adik-adik diberikan? Ya tentunya menjadi insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah atau tidak mudah putus asa, disiplin, siap membantu sesama dalam kebaikan dan menghormati guru sebagai orang tua di sekolah, taat hukum atau tidak melanggar aturan, menjaga kebersihan sekolah dan cinta lingkungan hidup. “Adik-adik Siap?? Tanya Umi menegaskan.

Dia juga menegaskan bahwa menjadi anggota pramuka itu berbeda, anggota pramuka memiliki mental yang optimis, tidak lembek apalagi alay. Dia yakin proses pembinaan yang berikan oleh bapak dan ibu guru dengan dibantu kakak-kakak pembina selama perkemahan ini akan membuat kalian semakin mencintai kegiatan pramuka. Nikmati dan rasakan pengalamannya serta ambil pembelajaran yang berarti.

“Sekali lagi saya ingin menyampaikan pesan dan harapan kepada adik-adikku anggota pramuka Tamu Penegak, jaga dan mantapkan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai Tri Satya, nilai-nilai Dasadharma Pramuka dalam sanubari kalian. Yang paling penting adalah, agar kalian semua merasa bangga menjadi anggota pramuka,” pungkasnya.

Ketua Panitia Raimuna Cabang VIII, Faisal Zulkarnaen menjelaskan, Raimuna Cabang VIII diikuti 77 Sangga atau setara 770 Pramuka Penegak Pandega dari 41 pangkalan SMA sederajat se Kabupaten Tegal.

“Raimuna digelar Sabtu (24/12) hingga Selasa (27/12) mendatang. Kegiatan mengusung tema membentuk generasi muda yang kreatif, peduli lingkungan dan sesama,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar