**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Selasa, 20 Desember 2016

Lomba Tingkat III Jaring Regu Berprestasi




BOJONG – Sedikitnya 240 Pramuka Penggalang Rakit dan Terap atau setara SMP / MTs dari 25 Kwartir Ranting se Kwarcab Tegal beradu kemampuan dan ketrampilan dalam ajang Lomba Tingkat III (LT-III) yang digelar Kwartir Cabang Tegal di Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih Kecamatan Bojong.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,MKes,MM Senin sore, (19/12). Dalam sambutannya, dr Joko mengatakan Lomba Tingkat III merupakan kegiatan yang terarah guna meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, pengetahuan, ketrampilan dan disiplin serta meningkatkan wawasan kebangsaan.

“Saya berharap Lomba Tingkat (LT) tidak hanya digelar ditingkat Kwarcab saja, tetapi juga di tingkat Kwartir Ranting dan Gugusdepan. Karena LT merupakan kegiatan berjenjang mulai LT-I ditingkat Gugusdepan sampai dengan LT-V di tingkat Nasional,” tandasnya.

Joko juga mengingatkan tugas pokok Gerakan Pramuka adalah membina anak-anak dan pemuda Indonesia agar menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, tinggi moral, kecerdasan dan mutu ketrampilannya. “Namun demikian kita harus menyadari, untuk mewujudkan tugas pokok itu bukanlah hal yang mudah,” ungkapnya.

Sekretaris Binamuda Kwarcab Tegal, Suharjo, S.Pd selaku panitia LT III mengatakan Lomba Tingkat III bertujuan untuk mencari regu tergiat yang berkualitas pengetahuannya dan mempunyai kemampuan mental, fisik dan keterampilan yang akan menjadi duta Kwarcab Tegal di ajang Lomba Tingkat IV tahun 2017 mendatang di Semarang.

“LT III ini diikuti 240 penggalang yang merupakan Regu Tergiat I pada Lomba Tingkat II di Kwartir Ranting se Kwarcab Tegal,” ujarnya.

Menurutnya, LT III ini lebih ketat karena berbentuk lomba, berbeda dengan Jambore Penggalang.

“Dalam LT-III Pramuka Penggalang dituntut lebih mandiri tanpa bantuan dari Pembinanya. Pembina pendamping sifatnya hanya memantau dan mengawasi anak didiknya,” paparnya

Lomba Tingkat (LT-III) dimulai hari ini, Senin (19/12) dan akan berakhir Kamis (22/12) mendatang. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar