**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Sabtu, 06 Juni 2015

Peringati Hari Lingkungan, BLH dan Pramuka Tanam Pohon

SLAWI - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Satuan Karya Kalpataru dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal melakukan Gerakan Menanam Pohon di lapangan Kelurahan Kudaile, Slawi, Jum’at, (5/6/2015).

Rangkaian acara diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Kepala BLH Kabupaten Tegal, Drs H Agus Subagyo MM sekaligus Mabisaka Kalpataru. Apel diikuti sekitar 50 orang dari berbagai komponen yakni BLH, SKPD terkait, Kwarcab Pramuka, Ubaloka, Pelajar, Kelurahan Kudaile dan masyarakat setempat.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal, Drs Agus Subagyo MM mengatakan, sedikitnya 5000 batang pohon yang ditanam dibeberapa lokasi dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ribuan jenis pohon endemik yang ditanam, yaitu mahoni, trembesi, cemara laut, bintato, kelapa genjah dan Glod.

“Untuk simbolis pohon yang ditanam di lapangan Kudaile yakni Jenis Mahoni dan Trembesi, Jumlahnya sekitar 50 batang,” ujarnya

Agus yang juga menjabat Wakil Ketua Kwarcab Tegal menuturkan, selain dilapangan Kudaile, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup juga telah dilakukan penanaman pohon di sejumlah lokasi yakni Kedungkelor, Demangharjo, Pantai Kramat,Maribaya, PIK Kebasen, PIK Kapur, Karangdawa serta sekolah-sekolah adiwiyata. “Menyenangkan bisa bersama-sama menanam pohon. Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran kita akan nasib bumi kita,” imbuh Agus.

Disisi lain, Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melalui Sekretaris Humas Abdimas, Teguh Herdi S mengatakan, secara nasional kegiatan menanam pohon dipusatkan di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Kabupaten Siak, Propinsi Riau sekaligus Pencanangan Pramuka Patriot Lingkungan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di ajang Kemah Budaya Nasional 2015.

“Sebagai organisasi pendidikan, Gerakan Pramuka ikut berperan serta dalam kegiatan pelestarian lingkungan, berupaya mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kepedulian dalam kelestarian lingkungan sebagai perwujudan pengamalan Satya dan Darma Pramuka,” bebernya.

Dia menambahkan, berbagai kegiatan kepedulian yang melibatkan adik-adik Pramuka intinya adalah sarana edukasi bagi yang bersangkutan yang kelak dewasa mempersiapkan masa depannya untuk lebih peduli pada masalah-masalah kemasyarakatan. “Kegiatan kali ini bertajuk “Sehari Pramuka Berbakti Untuk Pelestarian Bumi”,” pungkasnya.  (Admin/s@n)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar