**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 15 Juni 2015

Kwarcab Tegal Adakan PPDK

SLAWI – Dalam rangka meningkatkan mutu serta keterampilan dalam mengelola Dewan Kerja para Pramuka Penegak dan Pandega, agar nantinya mereka lebih memiliki peran di masyarakat, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Dewan Kerja (PPDK). Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni Jum’at s.d Minggu (12-14/6/2015) di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Tegal.

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Binamuda, H. Sonhaji S.Pd mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal mengatakan, PPDK memiliki makna yang penting bagi Pramuka Penegak Pandega sebagai generasi muda penerus bangsa. Selain itu, sebagai wahana kaderisasi Pemimpin organisasi Gerakan Pramuka.

“Dengan terjun di Pramuka, berarti mencintai tanah air. Karena pramuka adalah satu-satunya organisasi yang bergerak dibidang kepanduan,” ujarnya saat membuka kegiatan.

Wakil Ketua DKC Tegal, Nurhidayatullah selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, Pelatihan Pengelolaan Dewan Kerja (PPDK) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi dewan kerja Pramuka T/D utamanya dalam mengelola administrasi dewan kerja.

“Kegiatan PPDK III diikuti oleh 34 Peserta unsur anggota Dewan Kerja Ranting perutusan Kwartir Ranting (Kwarran) se Kwartir Cabang Tegal,” katanya.

Bentuk kegiatan PPDK, kata Dayat, terdiri dari pemberian materi teori dan praktek dengan mengutamakan pada keterampilan manajemen pribadi dan kelompok yang dikemas dalam bentuk diskusi forum dan reality action.

“Adapun materi yang disampaikan antara lain Dinamika Kelompok,Managerial Dewan Kerja, Sstem Administrasi Kwartir, Etika Dewan Kerja, Problematika Dewan Kerja, Laporan Kegiatan dan Messenger Of Peace. Sedangkan Narasumber berasal dari Pelatih dan Andalan Cabang Tegal,” bebernya.

Dayat berharap, melalui ajang PPDK anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) dapat memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan program yang ada di Gugus Depan maupun di Dewan Kerja Ranting-nya. 

“Saya harap peserta PPDK III agar dapat memanfaatkan ilmu-ilmu yang didapat dari kegiatan ini untuk mengelola Pramuka T/D yang ada di kwartirnya masing-masing menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.  (Admin/DKC)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar