**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 12 Juni 2015

Dewan Saka Kalpataru Cabang Tegal Dikukuhkan

SLAWI – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal, Drs Agus Subagyo MM selaku Ketua Mabisaka Kalpataru mengukuhkan Pengurus Dewan Saka Kalpataru tingkat Cabang binaan Badan Lingkungan Hidup, Kamis (11/6/2015) di Pelataran kantor BLH setempat.

Prosesi pengukuhan diawali dengan pengucapan janji Trisatya oleh calon Pengurus Dewan Saka Kalpataru dan penandatanganan berita acara pengukuhan. Kegiatan dihadiri Pejabat dilingkungan BLH, Pengurus Kwarcab, Mabisaka, Pinsaka dan perwakilan Gugusdepan Penegak di wilayah Kecamatan Slawi.

Dalam sambutannya, Kepala BLH Kab. Tegal, Drs Agus Subagyo MM mengatakan, Pramuka harus banyak berkontribusi, bertindak nyata dan memiliki paradigma pembangunan berkelanjutan. “Pramuka khususnya Saka Kalpataru berbakti untuk menjaga pelestarian bumi. Kiprah generasi ini menentukan eksistensi manusia di bumi yang satu,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Agus, saatnya Pramuka Saka Kalpataru membaktikan diri untuk ibu pertiwi. Bumi yang satu, bersatu padu dengan 7 milyar penduduk bumi menjaga kelestarian bumi tercinta. “Mari berbakti untuk ibu pertiwi, bersatu padu menjaga kelestarian bumi pertiwi,” ajaknya

Ketua Pinsaka Kalpataru Cabang Tegal pangkalan BLH, Andre Rubbiyatna menjelaskan, kegiatan pelantikan dewan saka kalpataru Cabang yang dibarengi dengan orientasi 3 krida saka Kalpataru merupakan sarana peningkatan kelembagaan berupa dewan saka cabang dan dewan saka gudep.

“Dengan orientasi ini, diharapkan akan meningkatkan gerak roda organisasi pramuka khususnya Saka Kalpataru, perluasan dan peningkatan skill 3 krida serta dalam rangka mendorong karya nyata pramuka,” bebernya.

Andre menambahkan, dalam orientasi peserta diberikan praktek nyata pengomposan konvensional oleh instruktur. Dengan harapan, Skill yang ditingkatkan akan berpengaruh nyata bila dipraktekkan dan selalu disebarluaskan agar pemahaman visi misi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Kegiatan diikuti sedikitnya 50 pramuka Penegak di wilayah Kecamatan Slawi diantaranya pangkalan SMA 1 Slawi, SMA 3 Slawi dan SMK Annur Slawi,” pungkasnya. (Admin/s@n).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar