**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 31 Maret 2014

Pramuka Bhayangkara Mitra Polri



DUKUHWARU – Keberadaan Satuan Karya (Saka) Pramuka Bhayangkara melalui beragam kegiatannya mempunyai peran besar dalam pembinaan generasi dan dalam pembentukan karakter peserta didik.

Kapolsek Dukuhwaru, AKP I Ketut Wirnita SH mengatakan para peserta didik (Pesdik) yang tergabung dalam Saka Bhayangkara juga merupakan generasi penerus yang memiliki kemampuan dan potensi menjadi mitra Polri dalam membantu meminimalisir gangguan kamtibmas.

“Pramuka Bhayangkara memiliki peranan penting dalam membantu tugas Polri dibidang Kamtibmas. Terlebih menjelang perhelatan akbar Pemilu 2014,” kata AKP Ketut Wirnita SH saat melepas peserta Longmarch Saka Bhayangkara dari Mako Polsek setempat, Sabtu (29/3) lalu.

Menurutnya, pada hajatan Pemilu 2014, anggota Pramuka Saka Bhayangkara dapat diperbantukan untuk membantu tugas Kepolisian dalam mengamankan jalannya proses Pemilihan Umum 2014 di wilayahnya masing – masing.

“Misalnya, mereka (anggota Bhayangkara) dapat membantu pengamanan saat pencoblosan di TPS di desanya,” ujarnya.

Sementara itu, Pamong Saka Bhayangkara Polsek Dukuhwaru, Briptu Agus Sugiyarto menjelaskan kegiatan pelantikan Badge Saka diikuti 35 anggota dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni Sabtu dan Minggu (29-30/3) diawali dengan pelepasan peserta oleh Kapolsek Dukuhwaru dari halaman Mako Polsek Dukuhwaru.

“Usai dilepas pa Kapolsek, peserta menuju OW Cacaban dengan kendaraan truk. Dan selanjutanya melakukan perjalanan jauh (longmarch) dengan jarak tempuh perjalanan kurang lebih 26 km dengan mengambil titik start dari OW Cacaban dengan pengembaraan malam melintasi wilayah Pangkah, Kedungbanteng dan finish kembali di OW Cacaban,” bebernya

Dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan proses akhir peserta didik (Pesdik) dilantik menjadi anggota Saka Bhayangkara dan  siap menjadi mitra Polri melalui Saka Bhayangkara.

“Longmarch dan pengembaraan sendiri bertujuan untuk menggembleng watak mental anggota Saka agar lebih siap menghadapi era sekarang. Setibanya dilokasi (pagi) peserta langsung dilantik menjadi anggota Saka Bhayangkara,” ujarnya.

Agus menambahkan, sebelumnya peserta sudah mendalami berbagai materi selama kurang lebih 8 bulan baik teori maupun praktek. Materi yang diberikan diantaranya materi Kamtibmas, Turlantas, Olah TKP, dan Penanggulangan Bencana. Semua materi tidak luput dari dasar fungsi peranan Polri dalam menciptakan harkamtibmas melalui kegiatan kepramukaan. 

“Sejalan dengan program Polri, diharapkan mereka dapat mempolisikan dirinya, keluarga dan bermasyarakat sehingga mampu terciptanya kamtibmas di lingkungannya,” Pungkasnya. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar