**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 27 Maret 2014

Ketua Kwarcab Lantik Pinsaka Kalpataru Secara Masal



SLAWI – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melantik secara masal Pengurus Pimpinan Satuan Karya (SAKA) Kalpataru tingkat Cabang, Ranting se Kwarcab Tegal dan pangkalan di wilayah Kecamatan Slawi. Pengukuhan yang digelar dalam suatu upacara berlangsung di lapangan obyek wisata kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Balapulang, Rabu (26/3).

Prosesi pelantikan yang ditandai dengan Pengucapan Janji Trisatya dihadiri oleh Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah, anggota Forkompimda, Ketua BLH yang juga Mabisaka Kalpataru, Drs Agus Subagyo MM, Pengurus Kwarcab Tegal dan Kwarran, para Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Tegal.

Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah saat menjadi pembina upacara mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tegal menyambut baik atas pembentukan Saka Kalpataru yang sebelumnya telah diawali dengan pengukuhan Pengurus Mabisaka Kalpataru Kwarcab Tegal masa bakti 2013 – 2018 pada peringatan Hari Pramuka ke 52 tingkat Kwarcab Tegal yang dipusatkan di kawasan Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih 22 September 2013 lalu.

“Kegiatan seperti ini dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, kecakapan dan kepemimpinan. Sedangkan tujuannya adalah untuk mewujudkan pelaksanaan pendidikan dan pelatihanyang sistematis, efektif dan efisien dalam Gerakan Pramuka,” ujarnya

Dikatakannya, pembentukan Saka Kalpataru akan menjadi wadah pendidikan dan pembinaan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega, dalam menyalurkan minat dan pengembangan bakat khususnya yang berkaitan dengan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta menjadi bekal penghidupan dimasa mendatang, sebagai bekal pengabdian untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Wakil Bupati berharap para Majelis Pembimbing serta seluruh pengurus yang ada, mampu mencetak kader Pramuka yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta mampu berperan dalam mewujudkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan melalui pelaksanaan Krida Saka Kalpataru yakni Krida 3 R (Reduce, Reuce dan Recycle), Krida Perubahan Iklim dan Krida Keanekaragaman Hayati.

Sementara itu, Kepala BLH Kabupaten Tegal, Drs Agus Subagyo MM selaku Ketua Mabisaka Kalpataru menuturkan, saat ini Saka Kalpataru juga telah dibentuk dipangkalan sekolah menengah atas yang meliputi SMA, SMK dan MA. Dimana Saka Kalpataru juga terintegerasi dengan program sekolah adiwiyata yang saat ini berjumlah 22 sekolah.

“Kedepan, Insya Alloh Saka Kalpataru akan kita bentuk di pangkalan SMP dan MTs. Saka ini juga bisa dibentuk ditingkat Sekolah Dasar,” ungkapnya.

Adapun pimpinan Saka Kalpataru yang dilantik yakni untuk masa jabatan 2014 – 2017 dengan Ketua dijabat oleh Andre Rubbyatna ST dan beberapa pengurus harian serta yang membidangi krida Kalpataru. Dalam kesempatan itu, ikut dikukuhkan juga Pengurus Saka Kalpataru tingkat Ranting dan pangkalan SMA/SMK di wilayah Slawi. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar